Kakankemenag Terima Kunjungan Kemenag dan KUA Balikpapan

Rabu, 27 November 2019 | 14:50       Dibaca 46 kali

Kunjungan Kemenag dan KUA Balikpapan ke Kantor Kemenag Bontang

Bontang (Inmas) - Kantor Kementerian Agama Kota Bontang yang terletak di Jalan Kapten Piere Tendean No 20B Bontang Kuala, Selasa (26/11) kemarin kedatangan tamu rombongan dari Kemenag dan Kantor Urusan Agama (KUA) Kota Balikpapan. Rombongan berjumlah 10 orang tersebut dipimpin oleh Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Soleh dan langsung bertemu Kakankemenag Bontang H. M. Isnaini yang juga didampingi oleh Kasi Bimas Islam H. Najmuddin Tamini.

Pertemuan yang dilakukan di Ruang Kerja Kakankemenag tersebut berjalan santai dan akrab dimulai dengan penyampaian maksud kunjungan rombongan ke Bontang yaitu untuk berbagi informasi tentang pelayanan dan inovasi yang ada di Kemenag dan KUA. Pimpinan rombongan yang membawa turut serta Kepala KUA dari 6 kecamatan tersebut ingin melihat seperti apa pelayanan yang diberikan kepada masyarakat yang ingin menikah khususnya terkait bimbingan perkawinan.

"Di Kota Balikpapan anggaran kegiatan Bimwin yang tersedia hanya cukup untuk 350 pasang catin saja sementara jumlah peristiwa nikah jauh melebihi jumlah tersebut. Di Bontang dengan jumlah perisitwa yang juga cukup banyak namun kami melihat bisa tetap melaksanakan Bimwin setiap bulannya. Inilah yang ingin kami pelajari selain penanganan rekomendasi penggiat agama," jelas H Soleh.

Menanggapi hal tersebut H. M. Isnaini menjelaskan bahwa untuk di Kota Bontang, penggiat agama dikoordinir oleh masing-masing organisasi. "Jadi mereka membuat list disertai kelengkapannya dan kami yang membuatkan rekomendasi. Koordinasi terus dilakukan dengan dinas terkait untuk melakukan sinkronisasi data yang ada baik itu jumlah rumah ibadah, organisasi keagamaan, hingga jumlah peristiwa nikah yang akan ditampilkan. Bontang juga saat ini sedang bersiap untuk menggalakkan program masjid rumah anak. Sebelumnya program serupa yaitu madrasah ramah anak sudah dideklarasikan dan berjalan oleh MI Ar Riyadh dan MAN Bontang," jelasnya.

Menambahi penjelasan Kakankemenag, H Najmuddin mengatakan untuk pelaksanaan Bimwin di Kota Bontang tetap dilaksanakan meskipun tidak ada anggarannya. "Peserta kami berikan informasi sebelumnya untuk membawa sendiri kelengkapan yang diperlukan. Setiap pasangan catin kami wajibkan untuk mengikutinya agar bisa mendapatkan sertifikat yang akan digunakan saat akan mengambil buku nikah nanti," tambahnya.

Usai mengunjungi Kantor Kemenag Bontang, rombongan langsung bergerak ke KUA Bontang Barat sebagai lokasi tujuan selanjutnya untuk melihat secara langsung kondisi dan pelayanan yang ada disana. Sebelumnya saat menutup pertemuan H. M. Isnaini mengutarakan jika ada kesempatan akan melakukan kunjungan balik ke Kota Balikpapan. (scl)