Penghulu se-Kaltim Ikuti Bimtek Operator Aplikasi Pelaporan dan Database Bimwin

Jumat, 29 November 2019 | 09:14       Dibaca 76 kali


Samarinda (Inmas Kwl) – Bidang Bimas Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Operator Aplikasi Pelaporan dan Database Bimbingan Perkawinan (Bimwin) Tahun 2019, Kamis (28/11) siang kemarin. Bertempat di Hotel MJ Samarinda, kegiatan tersebut mengundang 20 pegawai dari lingkungan KUA se-Kalimantan Timur.

Selain sebagai forum silaturahmi bagi para operator pengelola Bimwin, maksud dan tujuan diselenggarakan kegiatan ini adalah untuk menyamakan persepsi dalam pengelolaan kegiatan Bimwin yang tertib dan tepat sasaran. Selanjutnya juga untuk mewujudkan sistem administrasi, dokumentasi pelaksanaan Bimwin yang baik dan akuntabel.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur Drs. H. Sofyan Noor, M. Si. tiba pada pukul 14.00 Wita di lokasi. Beliau dihadirkan oleh panitia untuk membuka acara sekaligus memberikan sambutan maupun arahan.

“Saya merasa bangga dan bahagia, aplikasi ini bermanfaat untuk memberikan pengetahuan bagi calon pengantin (catin),” kata beliau membuka sambutan. “Pemerintah berencana memberikan sertifikat. Nanti yang memberikan sertifikasi penghulu, nah sertifikat ini untuk mempersiapkan para catin untuk bisa mencapai kebahagiaan dalam rumah tangga,” tambahnya.

Beliau juga menekankan dalam melakukan bimbingan harus mampu memberikan pengetahuan mengelola manajemen konflik. Jangan sampai nanti ketika berumah tangga tidak bisa menyelesaikan masalah.

Kegiatan Bimbingan Teknis Operator Aplikasi Pelaporan dan Database Bimbingan Perkawinan (Bimwin) Tahun 2019 ini berlangsung selama dua hari, yaitu dari tanggal 28 sampai 29 November 2019. Sedangkan narasumber yang memberikan materi sepenuhnya berasal dari pejabat dilingkungan Kanwil Kemenag Prov. Kaltim. (win)