Kalimantan Timur Berhasil Raih 3 Emas Ajang POSPENAS VIII

Jumat, 29 November 2019 | 21:44       Dibaca 126 kali

Kalimantan Timur Berhasil Raih 3 Emas Ajang POSPENAS VIII

BANDUNG, (PAKIS-Kwl).- Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional (Pospenas) VIII 2019 resmi berakhir dengan ditutup langsung oleh Wakil Menteri Agama RI Zainut Tauhid di Gedung Youth Center, Komplek SPORT Jabar, Jalan Pacuan Kuda, Kota Bandung, Jumat malam (29/11).

Kontingen santri Provinsi Kalimantan Timur berhasil meraih 3 emas ajang silaturahmi dan perlombaan cabang olahraga dan seni kaum santri pondok pesantren yang digelar tiga tahunan tersebut. 3 medali emas di sumbangkan dari cabang seni Kreya 2 emas dan volly putri 1 emas. Kalimantan Timur menempati posisi ketujuh dengan raihan 3 medali emas, 1 perak, dan 3 perunggu.

Pada klasemen akhir Pospenas VIII, Tuan Rumah Jabar tidak tergoyahkan di puncak dengan total 30 medali yang terdiri dari 16 medali emas, 7 perak, dan 7 perunggu. Berikut disusul oleh Provinsi Banten, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Utara, DIY, Kalimatan Timur, Sumatera Selatan. Sulawesi Selatan dan diposisi sepuluh Sumatera Barat.

"Selamat untuk seluruh santri yang sudah bertanding dengan menjunjung semangat persaudaraan dan sportivitas tinggi pada setiap cabang olah raga maupun perlombaan seni. Sebagaimana amanat Pak Menteri Agama, dunia pendidikan pesantren sangat penting dalam pembentukan karakter baik sebagai anggota masyarakat maupun karakter sebagai calon-calon pemimpin bangsa di masa depan," kata Zainut.

"Pondok pesantren yang keberadaannya berbasiskan tradisi menjadi benteng dalam menghadapi segala bentuk ancaman budaya dari luar terhadap budaya lokal," katanya. Melalui event ini, diharapkan semangat untuk berkontribusi membangun bangsa demi tegaknya NKRI terus digelorakan," lanjutnya.

Melalui kegiatan Pospenas yang difokuskan ke para santri, diharapkan akan muncul atlet-atlet berpotensi dari pondok pesantren. Dengan demikian, Insya Allah, para santri tidak hanya berprestasi di olahraga juga dari sisi akhlaknya.(iks)