Peningkatan Layanan KUA, Kemenag Kukar Gelar Bimtek Berbasis IT

Senin, 02 Desember 2019 | 13:12       Dibaca 72 kali

Kakan Kemenag Kukar Drs. Samudi Saat Membuka Bimtek Layanan KUA Berbasis IT

Kutai Kartanegara (Inmas) - Guna meningkatkan kualitas pelayanan Kantor Urusan Agama (KUA), Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kutai Kartanegara melalui Bimas Islam menggelar Bimtek Layanan KUA Berbasis IT, Senin (02/12) di Pondok Jajak Indah Tenggarong.

Kegiatan dibuka langsung oleh Kakankemenag Drs. Samudi didampingi Kasi Bimas Islam Drs. H. Mukhtar yang diikuti oleh Kepala KUA, Penghulu dan Operator SIMKAH se-Kabupaten Kutai Kartanegara dengan menghadirkan narasumber dari Kanwil Kemenag Prov. Kaltim.

Dalam sambutannya Kakankemenag mengatakan dengan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan KUA dan pengetahuan wawasan yang berbasis IT.

KUA merupakan salah satu garda terdepan Kementerian Agama dalam memberikan pelayanan di daerah atau di kecamatan, Untuk itu mulai saat ini harus berbenah diri meningkatkan layanan terhadapa masyarakat dengan memiliki sumber daya manusia yang mumpuni dalam mengakses jaringan internet serta lainnya untuk memenuhi standarisasi pelayanan publik di KUA, ujar Samudi

Berkaitan dengan operator lanjut Samudi, sangat penting dan luar biasa karena sumber data data KUA ada pada operator. Jangan sekali kali mengganti operator untuk jangka panjang kalau tidak ada penggantinya maka akan hancur. Yang kita perhatikan adalah kemampuan yang dimiliki yaitu kemampuan IT-nya.

Samudi juga menyampaikan hampir semua KUA yang ada di Kutai Kartanegara tidak melengkapi data-data sehingga berdampak nanti pada BOP, dan untuk Bimas Islam agar mengkoordinir Kepala KUA agar dapat segera melengkapi data data tersebut, pintanya.

Kegiatan dilanjutkan dengan narasumber dari Bimas Kanwil Kemenag Prov. Kaltim yang disampaikan oleh Sofyan, S. Ag dengan materi Urgensi Sistem Informasi Dalam Layanan Publik. (din)