Selasa, 25 Juni 2013, 15:54 – Kankemenag
Pengukuhan Keluarga Sakinah Tingkat Kab. Kutai Timur Tahun 2013

Sangatta – Humas. Kegiatan pemilihan dan pengkuhan keluarga sakinah teladan merupakan salah satu wujud perhatian pemerintah terhadap peran penting keluarga dalam Pembangunan Nasional. Program ini adalah bagian dari program gerakan keluarga sakinah yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama. Progam yang bersifat lintas sektor ini pelaksanaanya di dukung oleh pihak yang terkait mulai di tingkat pusat maupun daerah.

Kemarin, Senin (24/06) telah dilaksanakan pengukuhan Keluarga Sakinah Teladan Tingkat Kabupaten Kutai Timur di Aula Dharma Wanita Persatuan Kab. Kutai Timur. Keluar sebagai keluarga Sakinah terbaik I adalah pasangan H. Ibrahim Baen dan Hj. Dahliana dari kec. Sangatta Utara dan selanjutnya pasangan Keluarga H. Syahrin dan Hj. Rustinah (terbaik II) dari Kec. Sangkulirang, Keluarga H. Syahrani dan Hj. Masdjuidah (terbaik III) dari Kec. Karangan serta keluarga M. Sjalim dan Sulastri (terbaik IV) dari Kec. Sangatta Selatan.

Dalam pengukuhannya, disahkan oleh Asisten IV Bupati Bidang Kesra, H. Mugeni yang sekaligus mewakili Bupati Kutim H. Isran Noor, menyampaikan pesan bupati “bahwa Keluarga Sakinah merupakan idaman bagi setiap keluarga, hal ini berdasarkan dalam QS. Ar-Ruum : 21 yang artinya “Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya, ialah Dia menciptakan untukmu, isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya, ada waktu yang demikian itu terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir”. Oleh karena itu, untuk mewujudkan keluarga sakinah perlu upaya dan tekad yang kuat saling menerima kekurangan dan kelemahan pasangan masing-masing. Selain itu, diperlukan kesabaran dan keuletan dalam mengarungi bahtera rumah tangga serta pengamalan terhadap ajaran agama, karena perkawinan itu dalam rangka melaksanakan sunnatullah.

Selanjutnya, H. Mugeni mengucapkan terima kasih kepada tim Panitia dan juga tim penilai yang telah menyeleksi secara baik terhadap keluarga yang terpilih sebagai terbaik tahun ini. Sehingga keberhasilan tim panitia dan tim penilai tahun ini adalah merupakan kebanggaan bagi daerah Kutim secara tersendiri”.

Kepala Kementerian Agama Kab. Kutai Timur, dalam laporan pelaksanaan pengukuhan keluarga sakinah tahun ini menjelaskan “pengukuhan Keluarga Sakinah Teladan tahun ini diikuti oleh 4 keluarga Sakinah dari 18 kecamatan di Kab. Kutim dan Pemilihan Keluarga Sakinah Teladan dilaksanakan oleh Badan Penasehatan, Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan ( BP4 ) yang merupakan organisasi binaan Kementerian Agama yang bekerjasama dengan Pemda Kab. Kutim.

Untuk tim penilai yang ditunjuk untuk menentukan keluarga sakinah teladan adalah terdiri dari (1) Unsur Tokoh Agama, (2) Unsur Organisasi Wanita, (3) Unsur PKK, (4) Unsur BP-4 kab. Kutim dan (5) Unsur Perguruan Tinggi Agama Islam dari Prov. Kaltim. Lebih lanjut, bahwa keluarga sakinah teladan terbaik I tahun ini, selanjutnya akan mengikuti pemilihan selanjutnya di tingkat Prov. Kaltim pada tanggal 26 Juni 2013”. (fds)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.042034 detik
Diakses dari alamat : 10.1.7.64
Jumlah pengunjung: 729397
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.