Rabu, 10 Juli 2013, 14:07 – Kankemenag
Penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) Di Lingkungan Kemenag PPU

PPU (Humas), Dalam meningkatkan pelayanan public secara baik dan terkontrol, bagian Tata Usaha (TU) Kantor Kemenag PPU belum lama ini menyelenggarakan kegiatan penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang dihadiri sebanyak 27 peserta terdiri pegawai dilingkungan Kemenag PPU, Kantor Urusan Agama dan beberapa pengelola Madrasah, bertempat di Aula Kemenag PPU, Selasa (2/7).

Kasubbag TU Kemenag PPU, Dra.Hj.Jumaisah,MM dalam laporannya mengatakan tujuan diadakannya kegiatan ini adalah agar berbagai proses kerja rutin terlaksana dengan efisien, efektif, konsisten dan aman dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan melalui pemenuhan standar serta dalam rangka menjaga konsistensi tingkat penampilan kinerja atau kondisi tertentu dalam melaksanakan tugas.

Selain itu juga SOP dijadikan sebagai acuan dalam pelaksanaan kegiatan dan terhindar dari kesalahan juga sebagai ukuran untuk menilai mutu pelayanan lebih menjamin penggunaan tenaga sumber daya secara efisien dan efektif.Saat membuka acara Kepala Kantor Kemenag PPU, H.Hakimin mengatakan, dokumen SOP sebagai sebuah pedoman pelaksaan kegiatan yang mengikat seluruh unsur yang ada disetiap satuan organisasi kerja harus berdasar pada aturan sehingga tidak menyalahi kesalahan prosedur.

Selanjutnya beliau menambahkan SOP bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi melalui penyederhanaan, transparans,i pemberian janji layanan yang berorientasi pada pemangku jabatan,memberi informasi tentang waktu dan jumlah pegawai yang dibutuhkan untuk melaksanakan pekerjaan, memberi gambaran jenis output yang komfrehensif dan divaluasi secara periodic, memberi gambaran rinci mengenai tugas-tugas yang diemban oleh jabatan.

Karena itu Kepala Kantor meminta kepada pengelola administrasi untuk benar-benar menjalankan tugas sesuai dengan aturan yang berlaku, untuk menggunakan system manajemen yang baik dan bermutu yang dapat meningkatkan produktivitas, “maka perlu pengetahuan dan harus mengetahui factor yang mempengaruhi produktivitas teknisi melalui SDM.” Jelasnya.

Kegiatan SOP tersebut mendatangkan nara sumber dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kaltim,Sabransyah,S.IP dan Edi Sultomi,S.Ag. (BASZ)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.581906 detik
Diakses dari alamat : 10.1.7.68
Jumlah pengunjung: 703354
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.