Jumat, 6 September 2013 – Kankemenag
Pembinaan Penyuluh Agama Berwawasan Gender Se-Kabupaten Bulungan Tahun 2013

Tanjung Selor (Humas) Rabu (4/9), Bertajuk Pembinaan Penyuluh Agama berwawasan Gender Se – Kabupaten Bulungan Tahun 2013, Bimas Islam Kemenag Bulungan melaksanakan pembinaan kepada seratus orang Penyuluh Agama Non PNS yang dilaksanakan di Gedung Tamaddun Tanjung Selor yang dihadiri para pejabat Kemenag Bulungan, Kepala – Kepala Madrasah serta Penyuluh Agama PNS di lingkungan Kemenag Bulungan.

Kasi Bimas Islam, H.M.Saleh, S.Ag, M.Pd, juga selaku ketua penyelenggara kegiatan pembinaan penyuluh agama, menyampaikan bahwa dengan peranan strategis yang dimiliki Penyuluh Agama adalah sebuah keharusan bagi kementerian Agama untuk dapat terus memberikan arahan, bimbingan serta pembinaan, agar apa yang menjadi tujuan dari penyuluhan agama, mampu dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, dalam laporan Kasi Bimas Islam Kemenag Bulungan, mengatakan saat ini dengan keterbatasan anggaran yang dimiliki oleh Kementerian Agama, pembinaan kepada Penyuluh Agama Islam non PNS kali ini hanya mampu menghadirkan seratus orang penyuluh, dan untuk selanjutnya Bimas Islam akan berupa untuk dapat melaksanakan kegiatan serupa yang ditujukan kepada penyuluh yang belum pernah mengikuti pembinaan.

H.M. Saleh menegaskan bahwa tujuan paling utama dari pelaksanan ini adalah untuk memperdalam pengetahuan tufoksi seorang penyuluh, terutama pengetahuan tentang masalah administrasi serta pelaporan kegiatan, karena walaupun seorang penyuluh tersebut memiliki kemampuan dakwah yang baik dan mampu menjadi figur di masyarakat namun tidak menguasai masalah administrasi dan pelaporan tentu apa yang dilaksanakannya akan sulit dipertanggung jawabkan sebagai bukti dari hasil kegiatannya di masyarakat dalam pembinaan ummat.

Penyuluh Agama sebagai pelaksana kegiatan penyiaran agama mempunyai peranan yang sangat strategis. Karena berbicara masalah dakwah atau kepenyuluhan Agama berarti berbicara masalah ummat dengan semua problematika, Penyuluh Agama adalah pembimbing umat beragama dalam rangka pembinaan mental, moral dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, Penyuluh Agama Islam, yaitu pembimbing umat Islam dalam rangka pembinaan mental, moral dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT, serta menjabarkan segala aspek pembangunan melalui pintu dan bahasa Agama.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bulungan, Drs.H.A.Nabhan dalam sambutannya menyambut baik atas kegiatan yang dilaksanakan ini, beliau juga menjelaskan, Kementerian Agama sebagai aparatur pemerintah yang memiliki posisi dan tugas sebagai fasilitator dalam membangun iklim keagamaan yang kondusif bagi perkembangan masyarakat yang dinamis, toleran dam damai diatas dasar nilai keagamaan dan kekayaan budaya yang berkeadaban mengupayakan memberikan bimbingan serta pembinaan guna mencetak para Penyuluh yang professional serta handal dalam melaksanakannya pengabdian tugas kepada ummat sesuai dengan tujuan dari penyuluhan agama.

H. A. Nabhan menerangkan, dalam perkembangan kemajuan masyarakat saat ini, nilai norma – norma agama dan budaya seakan – akan di jungkir balikkan oleh pengaruh buruk dari perkembangan zaman serta teknologi yang saat ini begitu mudah untuk di akses oleh setiap orang bahkan anak – anak, hal itu tidak dapat untuk kita hindari, kiranya hanya ada satu pilihan bagi kita dalam menghadapi tantangan modernitas dan perubahan sosial budaya yang cepat, tak lain hal itu adalah kesediaan kita untuk menerima proses perubahan dan modernitas secara cerdas dan dewasa.

Dalam sambutannya, beliau juga memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini, dengan harapan kegiatan seperti ini tidak hanya dilaksanakan setahun sekali, setidaknya dapat dilaksanakan sedikitnya setahun dua kali, agar setiap penyuluh dapat terus mengembangkan diri, baik memperoleh informasi terbaru hingga menjadikan kegiatan semacam ini menjadi wadah bertukar pikiran serta berdiskusi dalam memecahkan masalah ummat. (3r)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.024972 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 616360
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.