Senin, 23 September 2013, 08:46 –
Delapan Standar Acuan Madrasah Bermutu

Samarinda —- Humas. Guna menertibkan adminstrasi madrasah, MDC bekerjasam dengan SSQ, gelar Workshop Finance dan Admin Madrasah Zona I Samarinda. Hadir Kepala Kemenag Kota Samarinda, Abdul Muis, BA, mewakili Kakanwil Kemenag Kaltim buka acara, Senin (16/9). Hadirkan sejumlah tenaga administrasi dan keuangan Madrasah Ibtidaiyah, acara digelar di hotel Barumbay Samarinda.

Menurut panitia, bahwa peserta yang diundang adalah sebanyak 30 orang. Mereka dari Tenaga Administrasi dan Keuangan Madrasah Ibtidaiyah Negeri dan Swasta wilayah Samarinda dan Kukar.

Bapak Abdul Muis mengatakan “Salah satu indikator penting bahwa Madrasah bermutu/berkualitas adalah diukur apakah madrasah telah memiliki sistem manajemen pengelolaan yang baik dan efektif”.

“Apakah madrasah memiliki dokumen perencanaan, standar operating procedure (SOP), juknis-juknis sebagai acuan pelaksanaan pendidikan dan tata administrasi dan tata keuangan yang baik”, tambah Muis.

Jika tidak, lanjut Bapak Muis, maka tidak bisa dikatakan bermutu. sebab di dalamnya dipastikan akan terjadi kesemrawutan kerja, ketidakjelasan arah program dan ketidakefektifan pelaksanaan dan rendahnya akuntabilitas. Dan Hal ini tidak hanya berlaku bagi madrasah, tetapi juga sekolah atau lembaga-lembaga pendidikan tingkat apapun se Indonesia.

Sebab, standarnya sama, yakni mengacu pada standar yang telah ditetapkan dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP). yang berfungsi sebagai dasar perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pendidikan pada setiap satuan pendidikan.

“Adapun Standar Nasional Pendidikan berisi ketentuan tentang delapan standar yang dicita-citakan yang meliputi: 1) standar Kompetensi Lulusan (SKL); 2) Standar Isi; 3) Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan; 4) Standar Proses; 5) Standar Sarana dan Prasarana; 6) Standar Pembiayaan; 7) Standar Pengelolaan; dan 8) Standar Penilaian”, demikian yang ditekankan Bapak Muis.

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.051105 detik
Diakses dari alamat : 10.1.7.54
Jumlah pengunjung: 771809
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.