Rabu, 22 Februari 2012 –
Ekspos BPK RI Paparkan Hasil Audit

Samarinda (Hukmas) – Selesai sudah Tim dari BPK RI melakukan audit selama 2 minggu (6-20/2) di lingkungan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur. Bertempat di Aula Kanwil acara dimulai pukul 09.00 Wita, hasil audit disampaikan oleh ketua Tim Audit BPK RI Ibu Diana (19/2).

Diantara kelima satker yang dijadikan sample pemeriksaan adalah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kaltim, STAIN Samarinda, Kemenag Kota Samarinda, Kemenag Kota Balikpapan, dan Kemenag Kabupaten Kutai Kartanegara.

Dalam paparannya ketua tim, pemeriksaan ini berfokus kepada pemeriksaan Laporan Keuangan, terutama pada akun Neraca yaitu Kas, Persediaan, Utang dan Aset Tetap.

“Pada pemeriksaan pada akun Kas, diantara temuan adalah kesalahan penggunaan tarif pajak yang tidak sesuai, keterlambatan setor pajak ke kas negara, tidak digunakannya rekening koran sebagai dasar pencatatan laporan keuangan”, ujar Diana.

Sedangkan akun Utang, seharunsya pada neraca per 31 Desember terdapat akun utang, dimana pembayarannya dilakukan pada januari tahun berikutnya, seperti gaji pegawai bulan desember, bayar listrik, dan lain-lain.

Temuan pada akun Aset Tetap, banyak ditemukan aset yang tidak disertai dukungan administrasi, seperti surat kepemilikan, surat perjanjian pinjam pakai, dan lain-lain, contoh Kendaraan yang tidak ada BPKP-nya, Tanah yang tidak memiliki sertifikat atau surat perjanjian sewa pakai, papar diana

Acara diakhiri tanya jawab dan penjelasan peserta dan tim audit BPK RI. Ekspos ini dihadiri 30 orang, tampak hadir Kakanwil diwakili Kabid Urais, Kabag TU, Ketua Stain Samarinda, Kakankemenag Kabupaten/Kota, dan beberapa orang bendahara dari satker yang masuk dalam pemeriksaan. (zky)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.032781 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 619919
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.