Kanwil Kemenag Kaltim Sembelih 3 Ekor Sapi Qurban

Kamis, 18 November 2010 | 12:00       Dibaca 372 kali


Sebagai perwujudan ibadah sosial Kementerian Agama Provinsi Kaltim ikut andil melaksanakan ibadah Qurban. 3 ekor sapi disembelih di areal parkir kantor Kemenag Kaltim, jam 09.00 WITA, Kamis, 18/10 lalu.
Menurut panitia Kemenag Kaltim menyembelih tiga ekor sapi qurban yang diperoleh dari iuran kepala Kanwil Kemenag, beserta Kepala bagian Tata Usaha, Kepala Bidang Haji, Kabid Mapenda, dan Kabid Penamas, Kasi Sarana Bidang Mapenda, Kasi Kelembagaan dan Kasi Ketata Laksanaan Bidang Mapenda.
Yang dua ekor iuran dari para Kasi dan Kasubbag di lingkungan Kemenag Kaltim, turut pula Kepala Kemenag Kabupaten Kutai Timur dan dua orang staf Kepegawaian. Sedangkan satu ekor yang lainnya, merupakan iuran dari semua Kasi dan Kasubbag yang diambil dari sebagian gajinya.. Sebelum proses penyembelihan, Kepala Kementerian Agama Prov. Kaltim HM.Kusasi memberikan sambutan dan sekaligus membuka acara tersebut secara resmi.
Qurban berasal dari kata qaraba yang berarti dekat. Ibadah Qurban berarti mendekatkan diri kepada Allah SWT. Kisah adanya syariat penyembelihan hewan qurban ini ialah dimulai nabi Ibrahim Aalaihi Salam (AS) yang mendapatkan perintah dari Allah SWT melalui ruyah untuk menyembelih anaknya Nabi Ismail AS.
Namun kemudian, atas kebesaran Allah penyembelihan Nabi Ismail akhirnya diganti dengan seekor domba yang sehat dan gemuk. Untuk itulah dalam syariat Islam kita diperintahkan untuk melaksanakan ibadah qurban.
Dari tiga ekor sapi tersebut, ditakar menjadi 300 bungkus plastik., a bungkus + 8 ons. Yang akan didistribuikan kepada karyawan dan karyawati Kanwil Kemenag Kaltim, para janda pensiunan kanwil Kemenag kaltim dan masyarakat sekitar juga mendapatkan bagian daging qurban ini. Khusus bagi yang berqurban akan mendapatkan 6 bungkus. (Hukmas)