Kloter 7 dan 9 sudah berada di Madinah

Sabtu, 27 November 2010 | 12:00       Dibaca 349 kali


Balikpapan - Pelaksanaan ibadah haji hampir berakhir. Sebagian jamaah di Tanah Suci telah bergerak pulang ke Tanah Air. Ada yang menyelesaikan rukun haji dan melaksanakan ibadah sunnah lainnya.

Kepala Bidang Haji Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Kaltim Abdul Muis mengatakan, Gelombang II yang sudah berada di Madinah yaitu kloter 7 hingga kloter 9. Mereka berangkat dari Makkah Sabtu (27/11) lalu.

Rencananya, di Madinah mereka akan melaksanakan ibadah salat Arbain. Yakni, salat 40 waktu di Masjid Nabawi. Selain itu melakukan ziarah ke beberapa tempat. “Waktunya 8 hari 12 jam. Setelah itu, kembali ke Jeddah untuk pulang ke Tanah Air,” kata Abdul Muis.

Sedangkan kloter 3 Debarkasi Balikpapan asal Kutai Kartanegara, Minggu (28/11) dini hari kemarin, tiba di Bandara Sepinggan Balikpapan. Sebanyak 358 jamaahnya langsung dipulangkan ke Tenggarong usai salat subuh berjamaah di Asrama Haji. “Kedatangan kloter 3 agak terlambat 2 jam lebih, tapi tidak ada masalah,” kata Muis.

Besok Selasa (30/11) kedatangan selanjutnya. Yaitu kloter 4 asal Sulawesi Utara. Sebanyak 360 jamaah ini dijadwalkan tiba di Bandara Sepinggan pukul 20.15 Wita.

Sementara itu, ratusan anak dari berbagai TK se Balikpapan menggelar simulasi manasik, melempar jamrah, dan tawaf mengelilingi ”ka’bah” yang diletakkan di tengah lapangan Merdeka. Bahkan, mereka dibuatkan sejumlah tenda penginapan, sehingga suasana seakan berada di Padang Arafah. Kegiatan ini digelar panitia masjid Istiqomah Balikpapan yang bertujuan mengedukasi anak sejak dini tentang tata cara beribadah haji.