Kakanwil Amati Pusaka Koleksi Bupati PPU

Senin, 15 Mei 2017 | 13:08       Dibaca 268 kali


Penajam (inmas – kwl). Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur H. Saifi, asyik menikmati pameran benda pusaka di Masjid Islamic Center Penajam Paser Utara (PPU). Kakanwil ditemani Bupati Penajam Paser Utara dan Asisten I Pemprov. Kaltim melihat artefak dua pusaka yang merupakan peninggalan sejarah, Minggu (14/5).

Dua pusaka yang dilindungi kaca tebal tembus pandang berupa Pedang Persia dan Keris Lembuswana. Tertera di selebaran bahwa kolektor kedua pusaka berharga itu adalah Drs. H. Yusran Aspar, M.Si Bupati PPU.

Pedang Persia Berkaligarifi Arab. Berasal dari daerah Babilonia atau Persia yang kini bernama negeri Irak. Dengan masa pembuatan diperkirakan abad ke – 9. Bahan baku dari baja murni kuningan. Keguanaan pada saat itu ialah sebagai upeti dari khalifah atau saudagar kepada para raja atau penguasa dan bangsawan.

Sedangkan Keris Lembuswana berasal dari Kerajaan Palawa, India Selatan. Dan masa pembuatan diperkirakan abad ke – 4. Bahan bakunya dari baja titanium dan emas 18 karat. Dan digunakan sebagai benda pusaka resmi Maharaja Kudungga, raja pertama Kerajaan Mulawarman.

“Rupanya Bapak Yusran banyak mengoleksi benda pusaka. Juga mengoleksi Al Quran yang ditulis beberatus abad yang lalu,” kata Kakanwil. (sim)