Bimbingan Haji dan Umrah Bagi JCH Bontang Utara

Kamis, 12 Juli 2018 | 13:02       Dibaca 60 kali

Kasi PHU menyampaikan materi di depan jamaah dari Kecamatan Bontang Utara

Bontang (inmas)- Bertempat di Masjid Jami Nurul Huda, Jalan MH Thamrin Gunung Elai, 83 Jamaah Calon Haji (JCH) kembali mengikuti Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kecamatan yang diselenggarakan oleh Kantor Urusan Agama Bontang Utara. Bertindak selaku nara sumber kali ini adalah Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU), H Ali Mustofa.

Materi yang disampaikan adalah seputar pelaksanaan Ibadah Haji/Umrah di tanah suci Mekkah. Diawali dengan Miqat, jamaah diberi pengetahuan dan gambaran tentang bagaimana pelaksanaan ibadah haji dan umrah termasuk akhlak yang harus dijaga saat berada disana. Tak lupa niat dan bacaan Talbiyah terus dilafalkan bersama agar terbiasa dan dihafal.

Dikemas dengan model diskusi, para jamaah yang hadir bisa langsung bertanya jika ada hal yang belum dipahami kepada nara sumber. Dengan gayanya yang khas H Ali menyampaikan materinya diselingi canda namun tetap serius dengan diselingi beberapa kisah inspiratif yang bisa dijadikan pelajaran bagi jamaah dengan mengambil hikmahnya.

Isi materi yang disampaikan termasuk pelaksanaan Tawaf dan macam-macamnya, Sa'i, Tahalul, serta macam-macam dam yang harus dikerjakan oleh jamaah dalam kondisi tertentu. Larangan-larangan saat menggunakan pakaian Ihram juga disampaikan kepada jamaah agar saat pelaksanaan nanti bisa dihindari. "Bawa pakaian Ihram jangan hanya 1 supaya ada gantinya saat ibadah nanti," pesannya.

Pelaksanaan Bimbingan Manasik Haji tingkat kecamatan akan berlangsung hingga Selasa (17/7) mendatang. Mengusung tema 'Dengan Manasik Haji Kita Wujudkan Calon Jamaah Haji Yang Mandiri dan Menggapai Haji Mabrur', Ketua Panitia Pelaksana, Suda'i berharap jamaah bisa mendapat bekal awal sebelum mengikuti bimbingan di tingkat kota nanti. "Tujuannya tentu jamaah sudah bisa mendapat gambaran dan wawasan secara garis besar seperti apa kondisi pelaksanaan ibadah haji di Tanah Suci," sebutnya. (scl)


Baca Juga

Kamis, 12 Juli 2018 | 13:02

Pengambilan Koper Jamaah Haji Kabupaten Paser


Berita Terpopuler

Selasa, 04 September 2018 | 08:53

Jum’at Berkah MAN Balikpapan Peduli dan Berbagi


Kamis, 06 September 2018 | 08:14

Penyerahan SK Mutasi