Bulan Syawal Ratusan Peziarah Padati Desa Pasir Belengkong

Kamis, 06 Juni 2019 | 10:56       Dibaca 272 kali

Foto Kanan Atas saat warga melakukan ziarah makam keluarga di lingkungan Makam Raja-Raja Sadurengas Desa Pasir Belengkong, Kamis (6/6) foto:iqbal

Paser (inmas)- Pada perayaan Idul Fitri Tahun 1440H/2019 M., kembali Ratusan warga dari berbagai penjuru padati Desa Pasir Belengkong Kec. Pasir Belengkong Kab. Paser Kaltim tepatnya kuburan Muslimin yang ada di wilayah desa Pasir Belengkong guna melakukan ziarah.

Dalam pantauan di lapangan, pada awal 1 Syawal usai Sholat Id dan khususnya 2 Syawal, warga mulai berdatangan khususnya di kuburan Muslimin yang jaraknya berdekatan dengan Mesjid Baiturrahman di lingkungan MTs Bina Iman., peziarah yang ramai datang selain dari Kab. Paser banyak pula yang menetap diluar Kab. Paser., kedatangan mereka selain membersihkan kuburan (orang tua, keluarga, karib kerabat.red)  mereka juga sekaligus mengirimkan doa kepada almarhum/almarhumah sanak saudara yang telah mendahuluinya.

Taufik, salah satu warga Penajam Paser Utara yang datang berziarah mengatakan, Alhamdulillah bisa ziarah kembali di bulan syawal ini dan melihat langsung kuburan orang tua kami yang ada di desa Pasir Belengkong ini dan kami datang sekeluarga. kemudian Ziarah seperti ini selalu rutin dilakukan setiap tahun untuk mengenang Kedua orang tuanya sekaligus mengirimkan do’a,ucapnya saat ditemui di area pekuburan Muslimin desa Pasir Belengkong

Sementara itu, Nasaruddin warga Tanah Grogot saat dijumpai di lokasi makam raja raja desa Pasir Belengkong mengatakan,”ini sudah sudah menjadi tradisi kami sekeluarga besar berziarah ke sini karena kebetulan juga makam kakek nenek dan kelurga besar dari kakek nenek kami berada disini yaitu di lingkungan Makam Raja-Raja Pasir Belengkong. Selain itu dia juga mengatakan, bahwa ziarah baik untuk kita, mengingat bahwa kita itu tak selamanya ada didunia. Ditambahkannya lagi bahwa hikmah dari berziarah ini agar kita semakin mendekatkan diri pada Allah SWT dan meninggalkan segala yang tidak baik,”pungkasnya.


untuk diketahui, bahwa di desa Pasir Belengkong memiliki situs Cagar Budaya Nasional yakni Keraton Kesultanan Sadurengas atau lebih dikenal dengan nama Museum Sadurengas dan juga Masjid Jami Nurul Ibadah yang dibangun sejak tahun 1851, kemudian ada pula kompleks Meriam dan Batu Indra Giri dan Komplek Makam Raja-Raja Sadurengas. (i)