IGRA Kab. Paser Gelar Manasik Haji ke-16

Sabtu, 24 Agustus 2019 | 22:47       Dibaca 155 kali


Paser (Inmas)- Sabtu Pagi sekitar pukul 08.15 wita, Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Kabupaten Paser menggelar manasik haji yang ke-16 Tahun 2019 bagi siswa/i Raudhatul Athfal (RA) Sekabupaten Paser di halaman Kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah komplek perkantoran Bupati Paser.

“Alhamdulillah kami dari IQRA Kab. Paser mengadakankegiatan Manasik haji cilik untuk yang ke 16 kalinya yang diikuti oleh 9 Raudhatul Athfal (RA) yang ada di Kec. Tanah Grogot, Kec. Pasir Belengkong, Kec. Long Ikis dan Kec. Long Kali dengan jumlah peserta secara keseluruhan berkisar 500 anak RA,”ucap Ketua IGRA Kab. Paser ibu Wahidah,S.Pd saat ditemui dilokasi kegiatan.

Dikatakannya juga,”Kegiatan tadi dibuka langsung Kepala Kantor Kemenag Paser H. Mohlis, dan beliau juga menyampaikan tata cara untuk melaksanakan manasik haji dan kegiatan hari ini juga dibimbing langsung H. Ramlan S.Pd.I yang juga sebagai penyuluh Agama Islam Kantor Kemenag Paser dan Alhamdulillah kegiatan hari ini dapat berjalan lancar dari awal hingga selesai yang mana pada tahun 2019 ini, panitia kegiatan manasik haji cilik ini dari RA Trubus Iman Kab. Paser.   kita berharap dengan kegiatan manasik haji cilik ini bisa memberikan Pendidikan dan juga pengenalan awal kepada anak didik RA tentang bagaimana tata cara melaksanakan manasik haji dan mudah-mudahan apa yang kita laksanakan hari ini seperti ucapan Kepala Kemenag H. Mohlis,, dapat tersimpan di otak anak didik kita sampai dewasa dan mengetahui bagaimana cara melaksanakan manasik haji, ungkap ibu Wahidah.

Masih ditempat yang sama, Ka.Kan. Kemenag Paser H. Mohlis saat ditemui usai memberikan pengarahan menyampaikan apresiasinya kepada IGRA Kab. Paser yang selalu melaksanakan kegiatan manasik haji cilik.

“Alhamdulillah Saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada IGRA Kab.Paser yang selalu melaksanakan manasik Haji cilik., semoga para anak didik kita tambah mengetahui hal hal yang dilakukan pada pelaksanaan ibadah haji seperti niat, wukuf di arafah, sai, thawaf, lempar jumroh dan menggunting rambut dan lain sebagainya.

Jadi lanjut beliau, bimbingan manasik buat murid RA ini banyak sekali manfaat yang dapat kita ambil dari peragaan manasik haji yang diikuti oleh siswa/i RA ini diantaranya memberikan penanaman nilai nilai ajaran agama sejak dini kepada anak didik semua,dan juga anak dapat mengetahui makna dari setiap prosesi peragaan manasik haji sehingga diharapkan dapat tercermin pada prilaku dan perbuatannya dalam kehidupan sehari hari dan mudah-mudahan anak didik semua menjadi generasi sholeh dan sholehah,’pungkasnya

Sementara itu, H. Ramlan yang bertugas sebagai Pembimbing Manasik haji cilik saat diwawancarai mengatakan bahwa“kegiatan manasik hari ini sangat penting sekali dilaksanakan, karena kegiatan manasik cilik ini mengajarkan anak didik kita dari kecil sehingga ketika telah dewasa ketika melaksanakan ibadah haji dan umrah, mereka akan teringat latihan yang pernah dilakukannya sejak Paud dulu., adapun bagi orang tua yang hadir disini menemani anak-anaknya sangat berguna sekali karena menambah pengetahuannya tentang manasik karena tidak semua orang tua faham apa itu melontar, apa itu sa’I dan apa itu yang disebut dengan tawaf., karena orang tua yang menemani anak-anaknya saat ini akhirnya juga dapat mengetahui tentang manasik haji,”tandasnya..(i)