MTs Negeri Samarinda Gelar Latihan Manasik Haji Tanpa Plastik

Rabu, 28 Agustus 2019 | 13:20       Dibaca 13 kali

Panitia menyediakan gelas sebagai penganti gelas plastik dalam kegiatan manasik haji

Samarinda (Madrasah) - Senin (12/08), Mts Negeri Samarinda  Menggelar  Latihan Manasik Haji. Kegiatan tersebut diadakan di halaman Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda. “Latihan manasik haji ini diikuti oleh siswa kelas delapan yang bejumlah 344 siswa” kata Kepala Madrasah, Irfan Anshori Masdar, M.Pd.

Ia menambahkan,  latihan manasik haji merupakan agenda tetap bagi siswa kelas 8, dan diadakan setiap tahunnya. Para siswa mengenakan pakaian ihram dan mengikuti rangkaian kegiatan dari awal sampai akhir dengan dibimbing oleh guru agama dan guru-guru lainnya yang secara tekun dan telaten dalam melaksankan latihan manasik haji ini.

Mawardi, M.Pd., selaku ketua panitia pelaksanaan manasik haji menjelaskan, latihan manasik haji itu mencakup prosesi ibadah haji, mulai dari wukuf di padang arafah, mabit muzdalifah, melempar jumrah di mina, thawaf di ka'bah, sa’i dan tahalul. “Latihan manasik haji tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang kegiatan ibadah haji. Ketika dewasa  nanti di mana  Allah memanggil untuk melaksanakan haji, siswa telah memiliki pengalaman pernah melaksanakan manasik haji  pada saat duduk di bangku Mts Negeri Samarinda,” ucapnya.

Selain itu, tambah H. Mawardi, M.Pd., latihan manasik haji itu sekaligus merupakan implementasi pembelajaran agama islam. “Ini merupakan hal yang sangat penting, mengingat Mts Negeri Samarinda  merupakan madrasah yang bernafaskan islam. Madrasah berupaya mengajari siswa mengenai pengetahuan dan penerapan nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari di sekolah, di rumah maupun di masyarakat, melalui kegiatan tersebut, beliau juga  mendoakan para siswa agar bisa melaksanakan latihan manasik haji dengan sebaik mungkin. Semoga dengan latihan manasik haji ini,  seluruh siswa nantinya dapat menunaikan ibadah haji yang sesungguhnya,” ujarnya.

Selain itu kegiatan manasik haji tahun ini ada yang berbeda, yaitu kegiatan tidak lagi menggunakan air minum kemasan plastik untuk penganti air zam-zam, tetapi panitia sudah menyediakan gelas kaca sebagai penganti air kemasan. Hal ini terkait dengan program untuk mengurangi sampah plastik dan diharapkan siswa dan seluruh komponen madrasah terbiasa dan menjadi pembiasaan setiap kegiatan di madrasah untuk meminimalisir pengunaan bahan dari plastik sehingga sejalan dengan program Madrasah Sehat dan Madrasah Adiwiyata. (ws)