Malam Pembukaan MTQ ke-41 Kaltim Suguhkan Kesenian Islami Khas Paser

Kamis, 29 Agustus 2019 | 23:51       Dibaca 351 kali


Tana Paser (Inmas Kwl) - Acara puncak rangkaian Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-41 Tingkat Provinsi Kalimantan Timur berlangsung malam ini, Kamis (29/08) di Masjid Agung Nurul Falah Tana Paser.

Dihadiri oleh Gubernur Kaltim H. Isran Noor, Bupati Paser H. Yusriansyah Syarkawi beserta jajaran Forkopimda Paser, Kakanwil Kemenag Kaltim H. Sofyan Noor, sejumlah kepala daerah se-Kaltim, Ketua LPTQ, Ketua MUI serta tamu kehormatan lainnya.

Bupati Paser dalam laporannya selaku Ketua Pelaksana MTQ ke-41 sampaikan bahwa kesempatan menjadi tuan rumah dipercayakan lagi setelah 12 tahun yang lalu MTQ Tingkat Provinsi diselenggarakan di Paser. Ia berharap agar kali ini bisa mengulang kesuksesan pelaksanaan MTQ seperti sebelumnya.

Pada kesempatan ini Kakanwil Kemenag Kaltim H. Sofyan Noor juga menyampaikan sambutannya. Ia katakan bahwa MTQ adalah sebagai ajang untuk meningkatkan pengimplementasian Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari, sehingga manfaat Kalam Allah sebagai pedoman hidup dapat meresap pada setiap pribadi Muslim.

MTQ dinyatakan dimulai setelah Gubernur Kaltim menyatakan event ini secara resmi dibuka. Selanjutnya secara simbolik Gubernur bersama Bupati Paser dan Kakanwil Kemenag Kaltim bersama-sama menekan sirene tanda dimulainya MTQ.

Sebagai daerah yang memiliki kekayaan seni budaya, Paser menyuguhkan sajian hiburan kesenian Islami khas daerahnya. Orkestra yang memainkan lagu-lagu daerah Paser tampil sangat memukau. Tak kalah menarik pula tari kolosal dibawakan oleh lebih dari 300 penari yang menceritakan tentang asal muasal masuknya Islam di Bumi Paser.

Kemeriahan event pembukaan MTQ kali ini juga terlihat dengan tingginya antusiasme warga untuk menyaksikan. Tampak ribuan warga memadati sekitar arena utama untuk menyaksikan langsung setiap sesi acara. Meski begitu, ketertiban tetap terjaga sehingga acara dapat berjalan lancar hingga selesai. (Nop)