Kakanwil: Penyusunan Anggaran Mengacu Pada Program Moderasi Beragama

Rabu, 11 September 2019 | 22:41       Dibaca 88 kali

Kakanwil Kemenag Kaltim Sofyan Noor Berikan Arahan Pada Kegiatan Penyusunan Pra Alokasi Pagu Anggaran Tahun 2020, Rabu (11/09). (Foto: Nop)

Balikpapan (Inmas Kwl) - Mempersiapkan program dan kegiatan di Lingkungan Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur tahun 2020, Subbag Perencanaan dan Keuangan Kanwil Kemenag Kaltim menyelenggarakan kegiatan Penyusunan Pra Alokasi Anggaran Tahun 2020. Bertempat di Hotel Platinum Balikpapan kegiatan ini berlangsung selama 4 hari, terhitung 11 sampai dengan 14 September mendatang.

Kasubbag Keuangan Perencanaan Kanwil Taty Suryani melaporkan peserta kegiatan adalah Kepala Bidang, Pembimas, Kepala Kemenag se-Kaltim, Kepala Madrasah serta operator perencana.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kakanwil Kemenag Kaltim Sofyan Noor, Rabu (11/09). Dalam arahannya ia kembali mengingatkan pentingnya penerapan moderasi beragama, yaitu beragama secara proporsional, tidak ekstrim kiri maupun ekstrim kanan. Ini adalah program penting yang sedang digalakkan oleh Kementerian Agama yang sejalan dengan visi untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang taat beragama, moderat, cerdas dan unggul.

"Agama membawa pesan universal yaitu mengajarkan kedamaian, persaudaraan dan kebersamaan, baik agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha dan Khonghucu. Maka dalam menyusun anggaran harus mengacu pada moderasi beragama," tegasnya.

Kemudian terkait teknis penyusunan Pagu Anggaran, Kakanwil menyampaikan dua arahan Presiden dalam Sidang Kabinet RAPBN 2020. Pertama Pagu Anggaran agar diteliti detail, jangan ada anggaran yang rutin berulang tetapi hasilnya nihil. Kedua agar dilakukan exercise penggunaan belanja K/L dan daerah agar semakin baik dan sesuai prioritas.

Usai dibuka resmi, selama 3 hari kedepan kegiatan akan dilanjutkan dengan penyampaian materi dari narasumber, penyusunan usulan, penelaahan serta pembahasan usulan anggaran. (Nop)