Kelompok Terakhir Jamaah Sulteng Tiba, 5 Orang Masih Dirawat di Tanah Suci

Kamis, 12 September 2019 | 05:05       Dibaca 53 kali


Balikpapan (Inmas Kwl) - Kelompok terakhir jamaah haji asal Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) telah tiba di Balikpapan, Kamis (12/09). Tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 11 Debarkasi Balikpapan, rombongan jamaah mendarat di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Balikpapan pukul 02.20 Wita.

Tercatat dalam laporan kedatangan, jamaah dan petugas yang diterima berjumlah 466 orang. Dalam jumlah ini terdapat 21 orang jamaah Kaltim, yaitu asal Kota Balikpapan dan Samarinda. Sementara dari Sulteng jamaah berasal dari daerah Palu, Toli Toli, Buol, dan Sigi.

Dilaporkan saat serah terima jamaah dari PPIH Debarkasi BPN kepada PPIH Daerah Sulteng, 1 orang meninggal di Tanah Suci dan 5 orang masih tinggal karena menjalani perawatan medis. Menurut H. Arifin salah satu PPIH Sulteng, masih belum diketahui apakah 5 orang yang tinggal ini akan menyusul kepulangan ke Tanah Air pada Kloter selanjutnya atau bertahan lebih lama lagi sampai kondisi kesehatan mereka dinyatakan layak terbang.

Usai serah terima, PPIH Daerah menyampaikan penjelasan teknis kepulangan ke daerah kepada jamaah. Jamaah Sulteng akan melanjutkan penerbangan ke Palu 3 trip siang nanti. Dijadwalkan trip pertama terbang pukul 14.00, trip kedua pukul 15.15 dan trip ketiga pukul 16.45. Dua jam sebelumnya mereka sudah harus bersiap di asrama. Petugas daerah juga menghimbau agar koper barang bawaan di-wrapping demi keamanan sebelum dibagasikan.

Sementara itu, Jamaah asal Samarinda akan melanjutkan perjalanan setelah sholat subuh. Sedangkan jamaah Balikpapan dijemput di Asrama Haji BPN oleh keluarga masing-masing.

Dengan tibanya Kloter 11 ini maka tersisa 4 Kloter lagi yang akan diterima Debarkasi BPN hingga 15 September nanti. (Nop)