Kemenag PPU Laksanakan Bimtek SIEKA

Kamis, 19 September 2019 | 08:19       Dibaca 57 kali


Penajam Paser Utara (Inmas) - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Penajam Paser Utara melalui Sub Bagian Tata Usaha laksanakan Bimbingan Teknis Aplikasi Sistem Informasi Elektronik Kinerja ASN (SIEKA) bertempat di Aula Kantor Kemenag PPU, Selasa (17/9).

Kegiatan SIEKA diikuti sebanyak 72 ASN dilingkungan Kantor Kemenag Penajam Paser Utara, Kantor Urusan Agama (KUA), tata usaha madrasah, serta guru-guru madrasah dan sekolah umum. Bimtek dibuka langsung oleh kepala Kantor Kemenag PPU Drs. H. Maslekhan. Sedangkan nara sumber kegiatan bimtek menghadirkan analis sumber daya manusia aparatur dari Kanwil Kemenag Propinsi Kaltim.

Drs. H. Muzakir selaku ketua panitia melaporkan, bimtek ini dilaksanakan sebagai upaya untuk mengukur kinerja pegawai secara online dalam pengimputan laporan kinerja ASN yang dikenal dengan SIEKA.

"Untuk lebih mengetahuui penggunaan aplikasi SIEKA ini, para ASN harus mengikuti bimbingan teknisnya terlebih dahulu. Ini dilaksanakan agar dalam penginputan nanti para ASN khususnya yang ada di lingkup Kemenag PPU tidak salah lagi menggunakanya ," terang Muzakir.

Adapun tujuan dari penerapan aplikasi SI-EKA ini untuk membantu kinerja pegawai lebih efisien. Selain itu atasan langsung pegawai akan tahu apa yang dikerjakan pegawai tersebut, siapa yang bekerja, dan siapa yang pekerjaannya maksimal. Aplikasi ini lanjutnya akan membantu pelaksanaan tugas sehari-hari dari setiap aparatur negara yang mana saat ini menggunakan sistem penilaian kinerja.

Dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan bimtek Ka.KanKemenag Kab. Penajam Paser Utara Maslekhan mengatakan bahwa Sistem Informasi Elektronik Kinerja Aparatur Sipil Negara atau SI-EKA merupakan sistem penilaian terbaru yang dirancang oleh Kementerian Agama RI untuk mengukur capaian kinerja ASN.

Terkait dengan aplikasi ini, Kakankemenag menekankan agar seluruh ASN dapat segera menerapkan dan mengimplementasikan penggunaan Aplikasi SIEKA sesuai dengan kinerja harian, tugas pokok dan fungsinya masing-masing. Karena apa yang dikerjakan oleh seluruh ASN setiap hari, nantinya akan diinput ke dalam aplikasi SIEKA dan dikontrol langsung oleh atasannya.

“Penerapan aplikasi SIEKA ini yaitu sebagai perangkat untuk mengukur kinerja pegawai, memonitoring pegawai, serta mengukur prestasi kerja pegawai Kemenag kedepannya,” ujarnya.

Kakankemenag berharap dengan semakin terkontrolnya kinerja, maka diharapkan agar para ASN dapat meningkatkan kinerja sesuai tupokasi masing-masing dan mampu merealisasikan cita-cita kita bersama agar kedepan kinerja kita semakin meningkat kualitasnya dan bermanfaat,” terangnya.

Kegiatan ini juga dirangkai dengan penyerahan SK kepada seluruh ASN dilingkungan Kemenag PPU tentang perubahan nomenklatur jabatan yang sebelumnya JFU menjadi Pelaksana ASN. Dilakukan juga penyerahan SK purna tugas kepada Kasi Bimas Islam Kemenag PPU terhitung bulan Nopember 2019. (basz)