MUI Gelar Shalat Istisqa Berjamaah

Kamis, 19 September 2019 | 10:36       Dibaca 65 kali

Jamaah Shalat Istisqa yang memenuhi Halaman Masjid Agung Baitul Hikmah Tanjung Redeb

Berau ( Inmas ) – Sebab kemarau berkepanjangan, diiringi kebakaran hutan dan lahan sehingga mengakibatkan asap tebal dan kekeringan, maka Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Berau mengajak seluruh umat muslim untuk melaksanakan Sholat Istisqo berjamaah. Sholat minta hujan itu dipusatkan di Masjid Agung Baitul Hikmah Tanjung Redeb, Kamis (19/09).

Sholat Istisqo berjamaah diikuti sebagian besar ASN, Tokoh Agama dan masyarakat yang juga melibatkan siswa-siswi SMP dan SMA terdekat dalam wilayah kota Tanjung Redeb yang memenuhi halaman Masjid Agung Baitul Hikmah.  

Adapun petugas dari Sholat Istisqa adalah sebagai Imam H. Andi Rani Hamim, SE dan Khatib H. Habib Jamaluddin Fahmi Al Jufri. Sebelum Sholat Istisqa dimulai, diawali dengan Sambutan Bupati Berau H. Muharram, S.Pd. MM.

Dalam sabutannya H. Muharram mengatakan, “Shalat Istisqa adalah amaliyah yang sering dilaksanakan oleh Rasulullah SAW, dan para sahabat pelaksanaannya di Lapangan terbuka seperti ini, dengan memperbanyak istighfar kepada Allah SWT bahkan diawali dengan puasa Sunnah, banyak memohon ampun kepada Allah SWT atas segala kesalahan yang terjadi selama ini sering kita lakukan”.

“Yang menjadikan kita melaksanakan Shalat Istisqa diantaranya, berusaha hadir dengan berpakaian relatif sederhana di hadapan Allah SWT, mengajak sebanyak-banyaknya orang untuk bersama-sama diantara kita, mudah-mudahan diantara ribuan manusia ini ada yang diijabah oleh Allah SWT.

“Semoga semua permintaan kita dapat dikabulkan oleh Allah SWT, diampuni segala dosa-dosa yang telah kita perbuat, baik itu disengaja maupun yang tidak disengaja, sehingga Allah akan menurunkan hujan di Kabupaten Berau yang penuh berkah dan manfaat sehingga kabut asap dapat berakhir, yang sangat mengganggu aktifias kita sehari-hari”, kata Muharram.