Kakanwil Buka Sosialisasi UAMBN dan KMA 184 Tahun 2019 Bagi Kepala MTsN

Selasa, 11 Pebruari 2020 | 09:50       Dibaca 39 kali


Balikpapan (Inmas Kwl) – Sehubungan dengan semakin dekatnya waktu pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (UAMBN BK) pada bulan Maret, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur melalui Bidang Pendidikan Madrasah menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Ujian Akhir Madrasah dan KMA 184 Tahun 2019 kepada Madrasah Tsanawiyah (MTs) se-Kalimantan Timur, Rabu (5/2).

Acara yang dilangsungkan di Hotel MaxOne Balikpapan ini dibuka oleh Kakanwil Kemenag Prov. Kaltim Drs. H. Sofyan Noor, M. Si. Tampak hadir pula Kabid Penmad Drs. H. Hakimin, M.M. bersama Kasi Kurikulum Abdul Syahid, S. Ag., M. Pd. Peserta sendiri yang hadir berjumlah 35 orang, dengan rincian 29 Kepala MTs, 4 Pengawas MTs  dan 2 Kasi Penmad Kabupaten/Kota.

Dalam sambutannya, Kakanwil menyebutkan bahwa inti dari KMA 184 Tahun 2019 adalah bagaimana proses pembelajaran pada abad ini. “Bagaimana para guru disiapkan untuk lebih kreatif. Jangan cara mengajar jaman dahulu masih dipergunakan,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa kompetensi peserta didik harus disiapkan agar memiliki kemampuan berpikir kritis, kreatif, komunikatif dan kolaboratif. KMA yang baru terbit ini diharap dapat menjadi pedoman untuk menjawab tantangan madrasah di era sekarang.

Kakanwil juga berpesan kepada peserta khususnya Kepala Mts agar para guru di lingkungan sekolah mereka mampu meningkatkan semangat serta daya juang para anak didiknya dalam menghadapi UAMBN. (win)