Kepala KUA Muara Jawa melakukan Sosialisasi KMA No. 34 Tahun 2016

Rabu, 12 Pebruari 2020 | 15:08       Dibaca 85 kali


Kutai Kartanegara (Kemenag) - Menindak lanjuti arahan Kasi Bimas Islam pada pertemuan Kepala KUA se-Kabupaten Kutai Kartanegara tanggal 5 Februari 2020 serta berdasarkan PMA No. 34 Tahun 2016, Kepala KUA Kecamatan Muara Jawa berikan arahan kepada Penyuluh Agama Islam non PNS di Aula KUA Muara Jawa, Rabu (12/2).

Pada pertemuan tersebut beberapa hal disampaikan : 1. Berdasarkan PMA No. 34 Tahun 2016, diharapkan para Penyuluh Agama dapat membantu kegiatan pelayanan di KUA. Ini tentunya sangat membantu KUA karena memang KUA masih memiliki SDM yang terbatas. 2. Bahwa penyuluh tidak terlibat / menghindari pelanggaran perundang-undangan, seperti melakukan pernikahan siri, penyebar berita hoax, terlibat dalam aliran sempalan dan radikalis dan lain-lain. 3. Penyuluh masuk kantor sekaligus untuk berkoordinasi di KUA dua kali seminggu. 4. Penyuluh dapat membantu memberikan arahan dan penjelasan baik kepada masyarakat baik yang berkenaan dengan UU maupun tentang hukum-hukum Islam.

Pada pertemuan tersebut, para penyuluh juga berdiskusi membahas permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat. Harapannya adalah semoga pertemuan ini dapat memberikan manfaat, menambah informasi dan pengetahuan bagi sesama penyuluh maupun menemukan inovasi penyuluhan kepada masyarakat. (su)