Kakanwil Berikan Pembinaan Pada Guru Madrasah Se-Kubar

Jumat, 14 Pebruari 2020 | 10:10       Dibaca 47 kali

Arahan Kakanwil Kemenag Kaltim Drs. H Sofyan Noor, M.Si di hadapan guru madrasah se Kutai Barat pada bulan Januari 2020 kemarin

Kutai Barat (Inmas) - Dalam kunjungannya ke kabupaten Kutai Barat bulan kemarin, Kepala kantor wilayah Kementeria Agama provinsi Kalimantan  Timur Drs. H Sopyan Noor, M.Si menyempatkan diri untuk memberikan pembinaan pada puluhan guru madrasah, (13/1).

Beliau mengajak kepada tenaga pendidik bangsa untuk terus meningkatkan kedisiplinan dan menjalankan aktifitas belajar mengajar. Selain itu kompetensi guru juga terus diasah agar menghasilkan generasi penerus bangsa yang mampu bersaing di pasar global di dukung nilai keimanan dan ketaqwaan.

Salah satu kompetensi seorang guru madrasah harus memiliki  keribadian yang baik, oleh karena itu jaga sikap untuk tidak saling iri maupun membenci. Jaga tindakan dan sikap baik dalam proses belajar mengajar juga saat di tengah-tengah masyarakat.

Seorang guru harus terus menambah wawasan ilmu yang dimiliki, kelak ilmu yang dimiliki dapat di wariskan kepada anak didik kita. “Rajinlah membaca dalam kondisi luang”, pinta beliau.

Proses transfer ilmu kepada anak didik mengikuti arus perkembangan zaman. Jaman dahulu menulis menggunakan papan dengan tinta kapur, kemudian berubah menggunakan spidol,  sekarang dengan perkembangan teghnologi transfer ilmu dapat menggunakan smartphone, dan boleh jadi kedepan transfer ilmu tidak terbatas dalam ruang sekolah, artinya dapat dilakukan di rumah atau dimana saja di bantu kecanggihan alat technologi.

Pesan lanjut Kakanwil pada pertemuan ini agar guru tetap menjaga semangat kebangsaan yang kuat. Maksud dari ungkapan ini agar kita dimanapun berada tetap menjadi bagian dari NKRI, terlebih bagi seorang guru wajib menularkan semangat nasionalisme pada anak didik mereka. (ed)