Kakanwil Bina Penyuluh Agama Islam di Kabupaten Paser

Rabu, 18 Maret 2020 | 08:51       Dibaca 125 kali


Paser (Inmas) - Sebanyak 35 Penyuluh Agama Islam, baik yang berstatus PNS dan Non PNS di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Paser mengikuti pembinaan, pada Selasa (18/03) di ruang pertemuan MAN IC Paser. Tercatat sebanyak 32 Penyuluh Agama Islam Non PNS dan 3 Penyuluh Agama PNS hadir pada pembinaan tersebut.

Pembinaan penyuluh kali ini terasa sangat istimewa karena dihadiri langsung oleh Drs. H. Sofyan Noor, M. Si selaku Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur, Kepala Bidang Bimas Islam Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur H. A. Nabhan dan Mulyadi selaku Kepala Seksi Penerangan Agama Islam Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur. Turut hadir pula pada kegiatan ini Kasubbag TU Kantor Kementerian Agama Kabupaten Paser Drs. H. Nasruddin yang didampingi Kepala Seksi Bimas Islam Drs. H. Nanang Sujana.

Pada arahannya H. Sofyan Noor menjelaskan mengenai peran penyuluh sebagai perpanjangan informasi Kementerian Agama di masyarakat. “Kementerian Agama sangat membutuhkan Bapak/Ibu penyuluh untuk dapat berperan aktif dalam melakukan pembinaan langsung kepada masyarakat”, jelas Kakanwil. Beliau juga berharap penyuluh dapat menjadi suluh atau pelita yang menerangi aspek-aspek kehidupan beragama maupun sosial di lokasi binaannya masing-masing.

Sementara itu, Kasi Bimas Islam H. A. Nabhan pada kesempatan ini menyampaikan bahwa Penyuluh Agama tidak hanya memberikan penerangan dalam bentuk ucapan-ucapan dan kata-kata saja, akan tetapi dapat mengamalkan dan melaksanakan apa yang dianjurkan. “Tentunya semuanya melalui proses, dimulai dengan pembinaan diri sendiri, keluarga dan setelah itu baru meningkat pada pembinaan di masyarakat”, sebutnya. Oleh sebab itu Penyuluh Agama Islam harus bisa menjadi suri tauladan yang baik di masyarakat, tambah beliau. (sm)