Ditengah Merebaknya Virus Corona, MTsN 4 Kukar Tetap Gelar UAMBN-BK

Kamis, 19 Maret 2020 | 08:46       Dibaca 135 kali


Kukar (Madrasah) - Di tengah kondisi yang sedang darurat Covid-19, Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 4 Kukar tetap melaksanakan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (UAMBN-BK) yang berlangsung selama tiga hari. UAMBN-BK yang diikuti oleh sebanyak 135 siswa kelas IX ini dilaksanakan ditengah keresahan masyarakat terkait merebaknya pandemi virus corona (Covid-19) saat ini.

“Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (UAMBN-BK) kemarin merupakan hari terakhir. Ujian UAMBN-BK dimulai Senin,16 Maret 2020 lalu mata pelajaran Al-Quran dan Hadits, Selasa kemarin Fiqih dan hari ini 18 Maret 2020 mata pelajaran SKI,” ujar Sri Satyarni, S. Pd selaku proktor 1.

Tim Proktor Teknisi (Protek) MTs Negeri 4 kukar yaitu Sri Satyarni, S. Pd. (Proktor 1), Ratna Susanti, S. Pd. (Proktor 2), Muhammad Hashby, S. Pd (Teknisi), dan Rachmadani, S. Pd.(Teknisi).

Dalam pelaksanaan UAMBN-BK, MTsN 4 Kukar menggunakan dua ruangan, laboratorium komputer dan laboratorium bahasa. Dengan dibagi tiga sesi, untuk sesi pertama dimulai pukul 07.30-09.00 WITA, sesi kedua pukul 09.30-11.00 WITA, dan sesi ketiga pukul 13.00-14.30 WITA. “Kita gunakan dua ruangan, client ruang 1 sebanyak 27 dengan jumlah peserta 25 orang, client ruang 2 sebanyak 24 dengan jumlah peserta 20 orang setiap sesi, kita menyediakan 3 server, 2 server utama dan 1 server cadangan,” ungkap Sri Satyarni, S. Pd selaku proktor 1.

Terkait untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona, lanjut Sri Satyarni, sekolah menyediakan tempat cuci tangan di beberapa tempat. “Untuk memastikan siswa dalam kondisi steril dan bersih, kami menyediakan tempat cuci tangan," tandasnya.

Terkait dengan surat edaran pemerintah agar seluruh sekolah meliburkan siswanya, Kepala Madrasah Drs. Nurdin Massud, MM juga meliburkan siswa kelas VII dan VIII. Sedangkan untuk kelas IX tetap masuk karena mengikuti UAMBN-BK, walaupun di tengah kondisi yang sedemikian terkait Covid-19. Alhamdulillah, sampai hari ini siswa menjalani rangkaian ujian dengan baik, semoga mereka diberi kemudahan dalam mengerjakan ujian yang sebenar-benarnya, ujarnya.

Selain itu, “Untuk virus corona, namanya itu wabah, anak-anak juga kami tekankan harus memaksimalkan kesehatan. Semuanya kami kembalikan kepada Allah, karena penyakit ini dari Allah. Dan semoga wabah ini segera berlalu, ” pungkas Nurdin. (uv)