Jalin Sinergitas, Kepala Kemenag Kutim Kunjungi KUA di Pesisir

Selasa, 19 Mei 2020 | 20:26       Dibaca 51 kali


Kutai Timur (Humas). Kementerian Agama Kab. Kutai Timur di masa wabah pandemi virus Covid-19 saat ini merupakan satu kesatuan dari Tim Gugus Penanganan Covid-19 dan seluruh Satuan Kerja baik yang berada di kabupaten maupun di kecamatan dapat saling membantu dan bersinergitas dalam memutus mata rantai penyebarannya.

Terkait hal itu, Kepala Kantor Kementerian Agama, H. Nasrun didampingi Kasubbag Tata Usaha, H. Nanang Gazali dan Kasi Bimas Islam mengunjungi KUA Kec. Sangkulirang dan Kaliorang yang berada di pesisir dari kabupaten tersebut, Selasa (19/05).

Di masa seperti saat ini tentunya program-program kerja yang berada di KUA kecamatan mengalami sedikit problematika dalam hal pelayanan di bidang keagamaan pada masyarakatnya. Namun hal ini dapat dimaklumi, karena menyebarnya wabah virus yang sudah berjalan 2 bulan ini harus segera dituntaskan.

Oleh karena itu, H. Nasrun sendiri dalam pengarannya agar para aparatur sipil baik yang bertugas sebagai PNS maupun Penyuluh Agama Islam dapat terus menghimbau kepada warganya untuk dapat mengikuti aturan dari pemerintah, baik di pusat maupun di daerah pula. Tentu saat ini gejala kejenuhan tengah melanda warga yang mana segala aktivitasnya harus dibatasi dan bahkan harus menjalankan kerja di rumah saja. Hal ini diperlukan pemahaman dan edukasi lebih untuk menjaga situasi yang lebih kondusif. Terangnya.

Terkait rencana pelaksanaan sholat Idul Fitri tahun ini sendiri, banyak para warga maupun alim ulama mempertanyakan kebolehan atau tidak melaksanakan ibadah tersebut. Mengacu pada surat Edaran Menteri Agama No. 6 Tahun 2020 dan Fatwa MUI No. 28 Tahun 2020 agar untuk sementara tidak melaksanakan ibadah sholat Idul Fitri dalam kelompok banyak terutama di Masjid-masjid maupun di lapangan terbuka, terutama dalam status daerah dengan penyebaran Zona Merah. Namun terkait status Zona Hijau, agar warga dapat mematuhi aturan dari pemerintah daerah setempat nantinya. (fd)