Terapkan Tatanan Normal Baru Dalam Bekerja & Tekan Merebaknya Covid-19

Senin, 08 Juni 2020 | 08:30       Dibaca 206 kali


Samarinda (Humas-Kemenag) – Pegawai Kantor Kementerian Agama Kota Samarinda secara keseluruhan telah kembali bekerja. Hal ini berdasarkan Surat Edaran Menag Nomor 16 Tahun 2020 tentang Sistem Kerja Pegawai Kementerian Agama Dalam Tatanan Normal Baru (New Normal) serta surat dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kaltim Nomor B.3608/Kw.16.1.2/KP.08.1/06/2020 perihal Sistem Kerja Pegawai Kementerian Agama Dalam Tatanan Normal Baru dan Himbauan Walikota Samarinda menekan sedini mungkin agar virus Covid -19 tidak melebar ke masyarakat.

Kepala Kantor Kemenag Kota Samarinda Drs. H. Masdar Amin saat memimpin apel pagi Senin (08/06) pagi, dalam sambutannya mengatakan mengucapkan terima kasih kepada semua pegawai (ASN dan Non ASN) kurang lebih tiga bulan melaksanakan WFH, dan hari ini atau tepatnya Jum'at kemarin merupakan hari pertama masuk kerja atau bekerja dikantor.

Kepala Kantor mengucap syukur karena semua pegawai masuk kerja mengikuti anjuran dari pemerintah dan juga mengikuti protokol kesehatan, dimana sebelum masuk kantor terlebih dulu mencuci tangan kemudian dicek suhu tubuh dan penggunaan hand sanitizer. Selain itu seluruh pegawai diwajibkan mengenakan masker dan menjaga jarak aman (physical distancing).

Untuk masyarakat bisa masuk ke dalam pelayanan harus melalui pemeriksaan ketat. Selain harus cuci tangan menggunakan sabun dan air yang sudah disediakan kemudian memakai masker, serta pengukuran suhu tubuh yang sesuai standar, baru bisa masuk ke ruang pelayanan. Belum selesai disitu, aturan jaga jarak harus ditaati bersama.

Peraturan yang diterapkan di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Samarinda, bukan untuk mempersulit masyarakat. Akan tetapi mempunyai tujuan jelas, memotong mata rantai penularan virus yang cukup mematikan itu di tengah masyarakat.

"Memahami aturan belum cukup, namun kedisiplinan yang diterapkan di lingkungan rumah, tempat umum dan selalu berada di rumah menjadi  kata kunci keberhasilan kita semua," tandas H. Masdar Amin.

ASN masuk kerja dan menaati ketentuan jam kerja yang berlaku. Namun untuk beradaptasi dengan kondisi pandemi, perlu dilakukan  penyesuaian sistem kerja dengan menjalankan protokol kesehatan dalam aktivitas keseharian.

Penyesuaian sistem kerja dapat dilaksanakan melalui fleksibilitas dalam pengaturan lokasi bekerja. Sebagian yang melaksanakan tugas kedinasan berada di kantor atau WFO sementara sebagian lainnya melaksanakan tugas kedinasan di rumah atau WFH secara bergantian. (Han)