Inovatif di Tengah Pandemi, MAN 1 Samarinda Produksi Masker

Jumat, 26 Juni 2020 | 15:10       Dibaca 41 kali


Samarinda (Madrasah) - Prestasi tertinggi dalam belajar adalah kreativitas. Dalam pendidikan, unsur kreativitas sangat vital. Kreativitas harus masuk kurikulum, metode belajar, buku ajar, serta program-program ekstra dan intrakurikuler. Kini setiap lembaga pendidikan berusaha keras memasukkan kegiatan-kegiatan yang mampu merangsang kreativitas.  

Salah satu wujud usaha Kementerian Agama dalam meningkatkan kreatifitas dan kualitas output madrasah adalah adanya program keterampilan atau vokasi di madrasah. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama, sebagai lembaga pemerintah yang membawahi semua madrasah di Indonesia, mencatat setidaknya ada 234 madrasah yang memiliki program keterampilan sejak 1998 hingga sekarang, salah satunya adalah MAN 1 Samarinda.

MAN 1 Samarinda Plus Ketrampilan merupakan salah satu madrasah di Kalimantan Timur yang menerapkan program Keterampilan memiliki komitmen untuk terus berinovasi agar menghasilkan lulusan yang siap menghadapi revolusi industri 4.0 dengan softskill (akhlak) dan hardskill (keterampilan). Program keterampilan yang ada di MAN 1 samarinda adalah  Tata Busana, Tata Boga, Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, Teknik Pengelasan, dan Teknik Komputer Jaringan. 

Walaupun saat ini dalam kondisi pandemi Covid-19, inovasi terus dikembangkan. Salah satunya adalah praktik program keterampilan tata busana dengan  tetap memperhatikan protokol kesehatan sesuai kurikulum darurat dan aturan tatanan baru. Praktik yang dilakukan adalah membuat masker kain sebanyak 1000 lembar, sesuai dengan kondisi pandemi saat ini, dimana masker langka dan jika ada harganya mahal. Selain itu masker kain dapat dicuci dan digunakan kembali. Tentunya lebih hemat ujar Rusmini, S. Pd.T selaku pengajar keterampilan.

Di saat pandemi, bukan berarti pelajaran terhenti. Pembelajaran tetap berlangsung dalam bentuk daring melalui e-learning. Kegiatan produksi dan membagikan masker ini adalah salah satu bentuk kepedulian MAN 1 Samarinda dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan madrasah dan sekitar, tutur  Ummi Puji Astutik, S. Pd, M. Si., selaku Kepala Madrasah. Masker produksi keterampilan Tata Busana MAN 1 Samarinda nantinya akan dibagikan kepada peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan MAN 1 Samarinda. Selain itu masker juga akan dibagikan ke madrasah dan sekolah terdekat dan Kantor Kementerian Agama. (Hm,Upa,Hdr)