Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kota Bontang Tahun 2020

Sabtu, 27 Juni 2020 | 12:48       Dibaca 57 kali

Sambutan Kakankemenag saat acara pembukaan kegiatan

Bontang (Humas) - Pemerintah telah memutuskan untuk menunda keberangkatan jemaah haji tahun 2020 dikarenakan Arab Saudi tak kunjung membuka pintu untuk penyelenggaraan ibadah haji dan umrah tahun ini. Meskipun demikian Kantor Kemenag Bontang melalui Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) mulai Sabtu (27/06) pagi menggelar kegiatan Bimbingan Manasik Haji Tahun 1441 H/2020 M.

Kepala Kankemenag Kota Bontang H. Muhammad Isnaini dalam sambutannya saat membuka kegiatan didampingi oleh Kepala Seksi PHU H. Najmuddin Tamini, menyebutkan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk perhatian dari pemerintah untuk memberikan pembinaan bimbingan manasik haji.

"Meskipun sudah ada keputusan keberangkatan tahun ini ditunda, namun ilmu manasiknya harus tetap diberikan kepada jemaah semua sebagai tanggung jawab kami dari Kemenag. Karena manasik itu sendiri tidak mengenal batas waktu yang bisa diperoleh secara mandiri maupun pembinaan-pembinaan resmi. Jika menemukan adanya perbedaan-perbedaan adalah hal yang biasa selama tidak keluar dari syarat maupun rukunnya," jelasnya.

Ditambahkannya ilmu manasik merupakan hak bagi jemaah sebelum berangkat menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci. Dirinya menekankan kegiatan manasik ini menjadi hal yang sangat penting dan harus diikuti oleh jemaah agar bisa dipahami dengan baik. "Silahkan bertanya kepada narasumber jika ada materi yang belum dimengerti atau dipahami. Mari kita mengikuti kegiatan ini dengan penuh tanggung jawab, rasa kebersamaan dan disiplin waktu sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan," ajaknya.

Kegiatan yang akan berlangsung selama 2 hari ini tetap mengedepankan protokol kesehatan dalam pelaksanaannya di tengah kondisi pandemi Covid-19 sesuai anjuran pemerintah. Dibagi menjadi 2 sesi pagi dan siang, jemaah juga diwajibkan untuk menggunakan masker, mencuci tangan dan diukur suhu tubuhnya sebelum mengikuti kegiatan. (scl)