Seksi PAKIS Laksanakan Rakor Updating Data EMIS PAI TA 2019/2020

Selasa, 30 Juni 2020 | 14:43       Dibaca 48 kali


Penajam Paser Utara (Humas) - Seksi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (PAKIS) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Penajam Paser Utara laksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Updating Data Education Management Information System (EMIS) PAI untuk semester genap tahun pelajaran 2019/2020 yang berlangsung secara daring via zoom meeting, Senin (29/06).

Rakor tersebut dihadiri oleh Pengawas PAI, Ketua KKG PAI SD, MGMP PAI SMP, SMA, SMK, Sekretaris dan Bendahara se-Kabupaten Penajam Paser Utara. Menurut Kepala Seksi PAKIS H. Rofiqul Ikhwan, S. HI., kegiatan ini dilaksanakan untuk menyikapi percepatan updating EMIS PAI semester genap tahun ajaran 2019/2020.

Pada Rakor ini ucap Rofiqul diharapkan terdapat perbaikan data dan adanya perkembangan terhadap update data EMIS baik dari pengawas maupun guru-guru. Diketahui selain EMIS terdapat pula aplikasi SIAGA (Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama) yang memiliki fungsi untuk memverifikasi dan validasi data Guru dan Pengawas PAI di seluruh Indonesia. Aplikasi SIAGA diberlakukan untuk proses pemberkasan sertifikasi guru PAI agar lebih efektif dan terintegrasi dengan pusat data EMIS.

Terhadap kedua aplikasi tersebut, Kasi Pakis menyebutkan meskipun ada kemiripan dengan EMIS namun didalam pengaplikasiannya guru lebih cenderung menggunakan SIAGA. Pada SIAGA ditemukan kemudahan lebih simpel, dari sisi jaringan baik, fitur-fiturnya lengkap. Namun secara formal struktural pihaknya harus melakukan perbaikan data pada aplikasi EMIS.

Selanjutnya Kasi Pakis katakan selaku abdi negara sebisa mungkin melakukan upaya untuk melakukan yang terbaik sesuai intruksi pimpinan. Oleh Karena itu dirinya mengharapkan kepada para guru dan pengawas untuk terus melakukan upaya motivasi bagaimana updating data EMIS itu dapat dilakukan secara individu baik guru dan pengawas meski nyatanya sudah juga menginput data ke aplikasi SIAGA. Menurutnya lagi aplikasi EMIS dan SIAGA ada monitor atau pengawasan masing-masing, kedua aplikasi ini sama-sama penting bagi guru dan pengawas.

Selain itu, rapat ini ingin mengetahui problem yang mendasar dari penginputan data EMIS serta menyepakati gagasan dan usulan sehingga dapat diinventarisir sebagai bahan pada pertemuan-pertemuan terkait pembahasan EMIS pada level atas.

Lanjut Rofiqul Ikhwan berharap agar semua elemen kelembagaan pada PAI seperti Pengawas, Pengurus KKG dan MGMP PAI bersama Operator untuk bersinergi menyukseskan update/pemuktahiran data EMIS semester genap tahun pelajaran 2019/2020.

"Saya berharap kepada Pengawas PAI, Pengurus KKG dan MGMP PAI bersama operator untuk bersinergi dan bekerjasama menyukseskan updating atau pemuktahiran data EMIS PAI ini, sehingga data yang kita peroleh akurat, valid dan diolah secara benar serta lengkap, dan dapat diselesaikan tepat waktu," harap Rofiqul Ikhwan.

Hal sama disampaikan peserta rakor bahwa ada keinginan untuk bersama-sama menyelesaikan permasalahan data pada EMIS. Diharapkan dalam rakor ini ada terobosan-terobosan yang jauh lebih baik ataupun jalan lain yang dapat menyelesaikan persoalan EMIS ini. Saat ini yang dibutuhkan adalah kerjasama bagaimana input data EMIS ini terupdate secara cepat dan pada semester yang akan datang posisi dan rating pendataan EMIS Kab. PPU tidak lagi menempati posisi bawah dan itu tidak terjadi terus menerus. (bud)