Rencana Kerjasama Kementerian Agama, Pengadilan Agama dan Dukcapil Kab. Paser

Rabu, 01 Juli 2020 | 13:59       Dibaca 835 kali


Paser (Inmas) - Kepala Pengadilan Agama Tanah Grogot beserta Panitra dan Kepala Bidang Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Paser bersama para Kasi kunjungi Kantor Kementerian Agama Kabupaten Paser pada Rabu (01/07). Rombongan tersebut disambut langsung Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Paser Drs. H. Abdul Khaliq, M. pd., yang didampingi oleh Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Drs. H. Nanang Sujana.

Seperti dijelaskan Kabid Dukcapil kunjungan ini bermaksud mengajak Kementerian Agama bekerjasama dengan Dukcapil Kabupaten Paser dan Pengadilan Agama Tanah Grogot dalam hal pelayanan terpadu persidangan isbat nikah di Kabupaten Paser. Isbat nikah sendiri adalah permohonan pengesahan nikah yang diajukan ke pengadilan untuk dan dinyatakan sah pernikahannya dan memiliki kekuatan hukum.

Perjanjian kerjasama ini nantinya bertujuan untuk meningkatkan pelayanan bagi warga dalam hal kepemilikan dokumen pernikahan dan dokumen pendudukan, memberikan kepastian hukum pada warga atas kepemilikan dokumen pernikahan dan dokumen kependudukan serta memberikan bukti pencatatan pernikahan pada dokumen kependudukan untuk warga yang belum tercatat pernikahannya. Sasaran perjanjian kerjasama ini sendiri untuk memberikan pelayanan di wilayah Kabupaten Paser, khususnya terhadap warga yang pernikahannya belum tercatat secara hukum.

Pada kesempatan ini H. Abdul Khaliq juga menerima secara langsung draft perjanjian kerjasama. Ditemui di ruang kerjanya H. Abdul Khaliq menyatakan bahwa Kementerian Agama Kabupaten Paser sangat menyambut baik dan mendukung adanya rencana kerja sama ini. Rencananya menurut beliau pada Jumat ini Kementerian Agama, Dukcapil dan Pengadilan Agama akan bertemu dengan Pemda Kabupaten Paser untuk meminta dukungan dalam rangka pelaksanaan isbat nikah.

Untuk pelaksanaan isbat nikah apabila surat perjanjian kerjasama sudah dirampungkan dan ditandatangani ketiga belah pihak, kegiatan tersebut dijadwalkan pertama kali akan di selenggarakan di Kecamatan Muara Komam, Kelurahan Muara Langon dan ditargetkan sebanyak  45 pasangan yang akan mengikuti kegiatan tersebut. (sm)