Bidang Pakis Kanwil Verifikasi Madin Al Qomar Bontang

Kamis, 16 Juli 2020 | 13:22       Dibaca 127 kali

Verifikasi lapangan Bidang Pakis Kemenag kanwil bersama pengurus Madin Al Qomar

Bontang (Humas) - Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kaltim yang diwakili oleh Kepala Seksi Madrasah Diniyah dan Lembaga Pendidikan Al-Qur'an H Johan Marpaung, Rabu (15/7) siang kemarin melakukan verifikasi lapangan terhadap permohonan pendirian madrasah diniyah yang baru di Kota Bontang. Turut mendampingi verifikasi Kepala Kankemenag Kota Bontang H Muhammad Isnaini, Kepala Seksi Pendidikan Islam Sultani, Penyelenggara Zakat dan Wakaf H Yarkani, Kepala KUA Bontang Utara Suda'i serta 1 orang staf Seksi Pendis.


Madin Al Qomar yang berlokasi di Jalan Kapal Layar 5 Kelurahan Loktuan tersebut bangunannya menjadi satu dengan Mushalla Hidayatul Musthofa. Pimpinan Madin Fauzi menyatakan bahwa pihaknya sudah menyiapkan segala sesuatunya termasuk berkas yang diperlukan sebagaimana yang disebutkan di dalam persyaratan. Dirinya juga akan segera mempersiapkan jika memang ada berkas yang dianggap kurang atau belum lengkap menurut penilaian.


Proses penilaian diawali dengan melihat kelengkapan berkas yang dimiliki diantaranya proposal permohonan, susunan pengurus, daftar nama santri/murid, daftar nama ustad/ustadzah, rekomendasi dari Kepala KUA Kecamatan, dan Surat Keterangan Domisili. Selanjutnya adalah pemeriksaan bangunan fisik dan ruang belajar siswa apakah sudah memadai atau tidak.


Selain verifikasi berkas dan fisik bangunan, penilaian juga dilakukan dengan wawancara pimpinan Madin dan perwakilan ustadz terkait proses belajar mengajar yang dilaksanakan. Dari hasil verifikasi tersebut nantinya akan dibawa ke Kanwil terlebih dahulu untuk dilaporkan dan dijadikan bahan sebelum dikeluarkannya keputusan dikeluarkannya izin operasional atau tidak. (scl)