Kemenag Bontang Laksanakan Pemotongan Hewan Qurban

Sabtu, 01 Agustus 2020 | 07:47       Dibaca 157 kali

Proses pemotongan hewan qurban di Kantor Kemenag Bontang

Bontang (Humas) - Dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha 1441 H, sesuai kesepakatan hasil rapat panitia qurban sebelumnya, Sabtu (1/8) pagi tadi, Kantor Kementerian Agama Kota Bontang melaksanakan pemotongan 1 ekor sapi sebagai hewan qurban. Pemotongan berlangsung di halaman parkir Kantor Kemenag Bontang Jalan Kapten Piere Tendean No. 20 B Bontang Kuala oleh panitia yang bertugas dipimpin langsung oleh Kepala Kankemenag Kota Bontang H Muhammad Isnaini.

"Alhamdulillah tahun ini keluarga besar pegawai Kemenag Bontang bisa melaksanakan pemotongan hewan qurban 1 ekor sapi seperti tahun-tahun sebelumnya. Hewan qurban sendiri diperoleh dari swadaya para pegawai yang dikumpulkan sebelumnya. Insya Allah nantinya daging akan dibagikan kepada masyarakat sekitar Kantor Kemenag dan yang sudah masuk dalam list panitia," sebut H. Muhammad Isnaini sesaat sebelum proses pemotongan berlangsung.

Ditambahkannya juga proses pemotongan tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai Surat Edaran Kementerian Agama RI Nomor 18 TAHUN 2020 tentang Penyelenggaraan Shalat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Kurban Tahun 1441 H/2020 M. "Semua peralatan dibersihkan terlebih dahulu sebelum digunakan sementara pegawai yang bertugas diwajibkan menggunakan masker dan mencuci tangan terlebih dahulu," ujarnya.

Proses pemotongan hewan sengaja dilaksanakan pada hari libur agar tidak mengganggu pelayanan kepada masyarakat. Selain itu seluruh pegawai bisa ikut serta terlibat dalam proses pemotongan dari awal hingga selesai. Mudah-mudahan hal ini mampu mendekatkan diri kepada ALLAH SWT dan menumbuhkan nilai berbagi kita kepada masyarakat serta mampu menghilangkan sifat yang tidak baik dalam diri kita, diantaranya sifat sombong, iri, kikir dan dengki. Semangat berkorban untuk solidaritas sosial dalam tatanan baru produktif dan aman Covid-19. (scl)