Idul Adha di Masa Pandemi, MTsN 4 Kukar Laksanakan Kurban 3 Ekor Sapi

Minggu, 02 Agustus 2020 | 22:18       Dibaca 263 kali


KUKAR (Madrasah) - MTs Negeri 4 Kukar kembali melaksanakan kegiatan rutin tahunan, penyembelihan hewan kurban dalam Hari Raya Idul Adha 2020 M / 1441 H. Perayaan Idul Kurban tahun ini sangat berbeda dimana tidak semua peserta didik dikerahkan untuk ikut serta dalam pemotongan hewan kurban. Kegiatan dilaksanakan di Halaman MTs Negeri 4 Kukar, Sabtu (1/8).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan semangat berkurban bagi guru dan peserta didik dalam meningkatkan keimanan kepada Allah SWT. Jumlah hewan kurban pada tahun ini adalah 3 ekor sapi. Dari ketiga hewan kurban tersebut, sekolah membagikan 500 paket daging kurban.

Kegiatan diawali dengan pemotongan hewan kurban yang disaksikan langsung oleh beberapa peserta didik yang mewakili tiap kelas dan tetap menjaga protokol kesehatan, yaitu dengan menggunakan masker. Berikutnya dilakukan penyortiran daging secara bersama-sama. Daging yang diperoleh kemudian dibagikan kepada guru, warga sekitar, dan peserta didik lainnya yang datang secara bergiliran dan tetap menjaga jarak serta menggunakan masker. Dari kelas 7 pukul 12.00 Wita, kemudian dilanjutkan kelas 8 pukul 13.00 Wita, dan terakhir kelas 9 pukul 14.00 Wita. Peserta didik sangat antusias mengikuti kegiatan ini dan ada diantara peserta didik yang merupakan perwakilan kelas yang berjibaku untuk membantu mulai dari awal penyembelihan sampai pembagian.

Rudiani, S. Pd., selaku kepala MTs Negeri 4 Kukar, menyambut secara terbuka untuk melaksanakan kegiatan ini. Beliau juga menuturkan rasa syukur karena Idul Adha 1441 H ini tetap berjalan walaupun sedang terjadinya pandemi, tetapi tetap menggunakan aturan protokol kesehatan. “Mudah-mudahan kegiatan penyembelihan hewan kurban ini menjadi simbol bagi kita dalam rangka membangun keikhlasan kita untuk beribadah,” ujarnya.

Seluruh hewan kurban yang terkumpul merupakan partisipasi dan inisiatif dari kepala madrasah, guru, dan orang tua peserta didik di lingkungan madrasah. "Kami mengucapkan terima kasih kepada kepala madrasah, guru, serta orang tua peserta didik yang memberikan donasi kepada kami untuk menyembelih dan membagikan paket daging kurban. Semoga niat dan doa kita diijabah oleh Allah SWT," Ungkap Hadi Sunaryo, S. Ag., M. Pd. I., selaku ketua panitia kurban.

“Berkurban selalu memberi kesan mendalam bagi pekurban dan penerimanya. Apalagi dalam masa pandemi, kita masih mampu meringankan beban sesama. Tiada lain, kecuali untuk mendekat kepada Allah SWT,” tambahnya.

Hal tersebut tentu memberikan hikmah kepada Umat Muslim bahwa pengorbanan merupakan sebagai bentuk rasa syukur dan ikhlas. Pengorbanan juga salah satu kunci sukses kebahagiaan baik di dunia maupun di akhirat. (uv)