MAN 1 KukarTerapkan E-learning Sebagai Media Pembelajaran Saat Pandemi Covid-19

Kamis, 06 Agustus 2020 | 11:33       Dibaca 307 kali

Guru MAN 1 Kukar Memberikan Pembelajaran Secara Daring Melalui E-Learning

Kota Bangun (Madrasah) - Kamis (6/8), lebih dari tiga minggu memasuki  tahun ajaran baru 2020 dan masih di era pandemi Covid-19. Semakin hari grafik orang yang positif Covid-19 masih menunjukkan peningkatan yang signifikan. Khususnya di Desa Kota Bangun Ulu Kec. Kota Bangun, sesuai dengan press release Tanggal 02 Agustus 2020 yang menjadikan Desa Kota Bangun Ulu sebagai Zona Merah.

Untuk itu, sesuai dengan Surat Kementerian Agama Republik Indonesia Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Nomor B-1114/DJ.I/Dt.I.I/PP.00/06/2020 (22/06/20), madrasah yang berada pada zona kuning, oranye, dan merah dilarang melakukan pembelajaran tatap muka di sekolah karena masih ada resiko penyebaran Covid-19. "Satuan pendidikan pada zona tersebut tetap melanjutkan belajar dari rumah.

Menananggapi hal tersebut, MA Negeri 1 Kutai Kartanegara siap untuk melaksanakan pembelajaran di era new normal dan masa pandemi dengan sistem pembelajaran secara daring. Sosialisasi/Bimtek untuk mempersiapakan siswa/i telah dilakukan di minggu awal tahun ajaran baru. Sehingga saat ini siswa telah siap untuk mengikuti pembelajaran secara daring. Selain mempersiapkan siswa/i, tentunya guru-guru MA Negeri 1 Kutai Kartanegara juga telah mempersiapkan diri dengan berbagai adaptasi dan inovasi  dengan berbagai aplikasi untuk menunjang pembelajaran secara daring ini.

Aplikasi yang digunakan oleh guru di MA Negeri 1 Kutai Kartanegara adalah E-learning Madrasah. Aplikasi ini dibuat oleh Kementerian Agama RI yang ditujukan untuk menunjang proses pembelajaran baik  di tingkat RA,  MI, MTs, dan MA agar lebih terstruktur, dan interaktif. Di dalam E-learning Madrasah, guru-guru dapat membuat perangkat pembelajaran (RPP), membagikan bahan ajar guru, melakukan penilaian dengan Computer Based Test (CBT). Bagi siswa/i, E-learning Madrasah juga mempermudah siswa/i untuk mengikuti pembelajaran secara daring. Karena E-learning Madrasah dapat diakses dengan mudah baik menggunakan Laptop, Pc dan Handphone Android, dimanapun dan kapanpun. E- Learning ini juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana Berkomunikasi siswa dengan siswa, siswa dengan guru, maupun antar guru baik secara tertulis di forum maupun di kelas online secara tatap muka melalui menu video conference terbaru dari E-Learning. Guru dan siswa dapat berinteraksi secara langsung, bertatap muka, sehingga suasana mendekati dengan suasana di dalam kelas yang tentunya diharapkan siswa tetap belajar di rumah tanpa kehilangan sosok guru.

Pelakasanaan pembelajaran daring menggunakan E-Learning di MA Negeri 1 Kutai Kartanegara tanpa ada kendala berarti. Lebih dari 90% siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik dan tepat waktu.

Kapala Madrasah, Dra. Indarti  menyampaikan, “E-learning madrasah adalah salah satu aplikasi pembelajaran yang lebih dapat meningkatkan profesionalitas kerja guru dan meningkatkan kecerdasan siswa/i di era milenial sekarang ini, saya menyambut baik, semoga bisa meningkatkan mutu dan output hasil pembelajaran kita." (rif/zain)