CJH Babulu & Sepaku Siap Ikuti Manasik Haji Online App Zoom

Selasa, 11 Agustus 2020 | 10:39       Dibaca 105 kali


Penajam Paser Utara (Humas) - Wabah Covid-19 membuat aktifitas manasik haji dengan cara tatap muka secara langsung dihentikan. Ini sesuai anjuran pemerintah untuk tidak mengumpulkan orang banyak dalam satu tempat. Untuk itu, Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kemenag Kabupaten Penajam Paser Utara akan memberikan manasik haji kepada jemaah PPU lewat daring atau online pada hari Kamis dan Jum'at (13-14/8). Kegiatan manasik online yang dilaksanakan selama 2 hari akan dimulai pukul 07.30 Wita sampai selesai.

Agar kegiatan manasik haji dengan aplikasi zoom meeting dapat berjalan lancar dan sukses, Seksi PHU Kemenag Penajam Paser Utara terus melakukan sosialisasi, kali ini berlanjut di Kecamatan Babulu pada hari Minggu (9/8) dan di Kecamatan Sepaku hari Senin (10/8), dua kecamatan sebelumnya sudah menerima sosialisasi yakni Kecamatan Penajam dan Kecamatan Waru, diharapkan para jemaah calon haji nantinya dapat sukses mengikuti manasik haji secara daring.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kemenag Kabupaten Penajam Paser Utara Hj. Jumaisyah katakan Kementerian Agama (Kemenag) tetap menggelar bimbingan manasik (bimsik) haji di tengah pandemi Covid-19, akan tetapi bedanya program tersebut digelar secara daring bagi calon jamaah haji 1441 H/2020 M. Sedianya, katanya, manasik haji sudah dilaksanakan, tetapi karena pandemi COVID-19 harus dilakukan perubahan persiapan.

Sosialisasi penggunaan aplikasi zoom meeting bagi CJH Kecamatan Babulu dan Kecamatan Sepaku difokuskan di Kantor KUA kecamatan masing-masing. Sama seperti dua kecamatan sebelumnya Kasi PHU Hj. Jumaisyah berharap kegiatan ini dapat memaksimalkan kemampuan peserta manasik dalam menggunakan aplikasi zoom. Hal ini bertujuan agar ketika dilaksanakan kegiatan manasik haji oleh Kantor Kemenag Penajam Paser Utara, jemaah haji sudah siap mengikuti dan tidak menemui kesulitan didalam menggunakan aplikasi zoom di smartphonenya.

"Kita tetap melakukan manasik haji, untuk memberikan pembekalan bagi calon jemaah. Untuk itu, manasik tetap harus dilakukan, meski melalui daring," ujar Jumaisyah dihadapan jemaah calon haji.

Kendati demikian, pihaknya berharap, para calon jemaah haji tetap semangat dengan mempelajari manasik haji melalui buku manasik yang telah dibagikan.

Iapun menghimbau dan meminta kepada jemaah calon haji Kab.PPU untuk selalu menjaga kesehatannya sebagai persiapan menunaikan ibadah haji.

Dapat diketahui bahwa jemaah calon haji yang menerima sosialisasi adalah mereka yang sama sekali belum memahami cara menggunakan app zoom cloud meeting. Karenanya perlu dipandu cara mengoperasikan aplikasi zoom ini agar JCH nantinya tidak kebingungan, sebab diketahui jemaah calon haji sebahagian besar adalah para orang-orang tua yang notabene tidak familiar dengan app zoom meeting ini. (bud)