Permudah Layanan KK dan KTP Catin, Disdukcapil Kunjungi KUA

Kamis, 13 Agustus 2020 | 08:40       Dibaca 165 kali

Kepala KUA Bontang Barat mendengarkan penjelasan dari Disdukcapil terkait program layanan khusus

Bontang (Humas) - Dalam rangka pelaksanaan program pemberian layanan khusus pengurusan Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) bagi Calon Pengantin (Catin), Rabu (12/8) kemarin Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bontang berkunjung ke Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Bontang Barat di Jalan Tarakan Kelurahan Kanaan Bontang Barat.

Disambut langsung oleh Kepala KUA Bontang Barat H. Amir, rombongan yang terdiri dari Kasi Identitas Penduduk Hj. Reny Eka Wahyuni, Kasi Kerjasama dan Inovasi Pelayanan Nuryanti serta satu orang staf berkunjung untuk mensosialisasikan program layanan khusus tersebut.

Dijelaskan bahwa layanan khusus diberikan kepada Catin untuk memberikan kemudahan dalam hal perubahan status di dalam e-KTP serta pembuatan KK baru. "Yang sering terjadi selama ini setelah catin sudah melangsungkan pernikahan banyak dari mereka yang tidak langsung mengurus administrasi kependudukan. Sehingga kami sedikit kesulitan untuk mendata jumlah penduduk yang sudah menikah atau belum," jelas Hj. Reny.

"Melalui program ini catin yang sudah melangsungkan pernikahan bisa dengan mudah untuk mengurus administrasi kependudukannya seperti membuat KK baru dan perubahan status di e-KTP miliknya. Jadi tidak ada alasan lagi bagi mereka untuk tidak segera memproses administrasi setelah menikah. Dari KUA nanti melalui operator SIMKAH melakukan update status dan melaporkan perubahan data dan kepindahan kepada operator SIAK di Disdukcapil. KK dan e-KTP lama catin bisa disetor ke KUA untuk selanjutnya diserahkan ke Disdukcapil," tambahnya.

Menanggapi hal tersebut, H. Amir mengatakan siap mendukung program dimaksud namun menurutnya perlu koordinasi dan pelatihan bagi operator agar bisa berjalan dengan baik. "Kami siap untuk mendukung dan melaksanakan program layanan khusus ini. Yang perlu diperhatikan koordinasi dan komunikasi antara operator sehingga data yang diolah bisa benar-benar akurat," ujarnya.

Inovasi program dari Disdukcapil ini merupakan bentuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di bidang kependudukan dan catatan sipil dan pencatatan nikah di KUA. Dengan kolaborasi yang ada diharapkan kedepannya data kependudukan terkait jumlah warga yang sudah menikah bisa dioleh dengan baik dan akurat. (scl)


Baca Juga

Kamis, 13 Agustus 2020 | 08:40

Kakankemenag Bontang Lantik 3 Kepala KUA


Berita Terpopuler

Selasa, 08 September 2020 | 09:36

Dua Siswa MAN IC Wakili Kaltim pada KSN 2020


Selasa, 08 September 2020 | 08:34

Gelaran Pekan Muharram Virtual MTsN 2 Balikpapan