Jamhaj Bontang Ikuti Sosialisasi Manasik Sepanjang Tahun

Kamis, 13 Agustus 2020 | 15:46       Dibaca 118 kali

Arahan dari Kakanwil di hadapan perwakilan calon Jamhaj Kota Bontang

Bontang (Humas) - Sebanyak 30 perwakilan Jemaah Haji Kota Bontang tahun 2020, Kamis (13/8) pagi tadi mengikuti kegiatan Sosialisasi Manasik Sepanjang Tahun yang diselenggarakan oleh Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur. Mengambil tempat di Musala Al Karamah Kemenag Bontang, kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kaltim H. Sofyan Noor, Kabid PHU H. Ahmad Ridhani, Kepala Kankemenag Kota Bontang H. Muhammad Isnaini, dan Kasi PHU H. Najmuddin Tamini.

Ketua panitia kegiatan H. Supriansyah melaporkan tujuan diadakannya kegiatan ini adalah mempersiapkan keberangkatan jemaah haji di tahun yang akan datang dengan lebih baik dan lebih maksimal, menjadikan calon jemaah haji yang mandiri tidak bergantung kepada petugas, dan terakhir tercapainya cita-cita menjadi haji yang mabrur. "Peserta yang dihadirkan merupakan Ketua Rombongan (Karom) dan Ketua Regu (Karu) serta beberapa perwakilan dari jemaah haji Kota Bontang," lapornya.

Sementara itu, dalam materinya H. Sofyan Noor mengatakan alasan diadakannya manasik sepanjang tahun adalah pertama dikarenakan masih banyak jemaah haji yang belum sempurna dalam melaksanakan ibadahnya. "Kedua, berangkat haji pelaksanannya berat. Artinya mulai dari lamanya waktu menunggu, biaya yang dibutuhkan, hingga persiapan yang harus dilakukan sebelumnya," jelasnya.

"Kegiatan manasik kedepannya akan dilaksanakan sepanjang tahun bukan lagi 10 kali pertemuan dengan rincian 8 kali di tingkat kecamatan dan 2 kali di tingkat kota. Calon jemaah haji bisa melaksanakannya secara mandiri tidak hanya ikut yang ada di Kemenag saja. Yang terpenting dalam berhaji adalah niat yang lurus beribadah karena Allah SWT bukan yang lainnya," tambahnya.

Kegiatan sosialisasi berlangsung menjelang bakda dhuhur dimana narasumber berikutnya yaitu Kepala Bidang PHU Kanwil Kemenag Kaltim H. Ahmad Ridhani. (scl)