Kantor Kemenag PPU Gelar Bimbingan Manasik Haji Online

Kamis, 13 Agustus 2020 | 16:43       Dibaca 83 kali


Penajam Paser Utara (Humas) - Kementerian Agama Kabupaten Penajam Paser Utara melalui Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) melaksanakan bimbingan manasik haji di tengah mewabahnya virus corona. Hanya saja, manasik kali ini dilaksanakan via online, Kamis (13/8) bertempat di Aula Kantor Kemenag Penajam Paser Utara.

Hadir sebagai narasumber bimbingan manasik haji secara daring, Kabid Haji Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Timur, Dr. H. Ahmad Ridani, MM. Sedangkan narasumber lainnya berasal dari Kantor Kemenag Penajam Paser Utara dan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara.

Ketua panitia H. Usep Suciadi dalam laporannya berharap jemaah calon haji Penajam Paser Utara tahun 2021 yang berjumlah 126 orang dapat mengikuti bimbingan manasik haji secara daring dengan sebaik-baiknya.

Manasik haji online ucap H. Usep Suciadi adalah dalam rangka melaksanakan amanah Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Haji dan Umrah. Di dalam undang-undang tersebut menyebutkan pemerintah berkewajiban melakukan pembinaan, bimbingan ibadah haji dan hal-hal lain yang diperlukan oleh jemaah haji. Dengan tujuan agar jemaah haji benar-benar memahami syarat, rukun, wajib dan sunnah haji, serta memahami rangkaian ibadah haji mulai dari sebelum berangkat ke tanah suci sampai kembali ke kampung halaman.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Penajam Paser Utara Drs. H. Maslekhan dalam sambutannya mengatakan jemaah calon haji tahun 2020 yang tahun 2021 nanti akan berangkat ke tanah suci, dirinya mendoakan agar selalu diberi kesehatan dan umur panjang sehingga tetap dapat melaksanakan ibadah haji dalam keadaan sehat wal afiat.

Tahun ini, ucap kepala kemenag bukan hanya negara Indonesia saja yang tidak memberangkatkan jemaah hajinya ke Tanah Suci, namun seluruh negara yang setiap tahunnya mengirimkan jemaahnya ke Tanah Suci tidak memberangkatkan. Bagi pemerintah Indonesia keputusan tersebut bertujuan untuk menyelamatkan jiwa jemaah haji kita dari tertularnya wabah virus corona.

Kepala kemenag dihadapan peserta manasik haji secara daring mengajak kepada semua jemaah calon haji Kabupaten Penajam Paser Utara berdoa agar wabah Covid-19 segera berakhir.

Usai acara pembukaan, dilanjut dengan pemberian materi manasik seperti kebijakan pemerintah tentang penyelenggaraan haji dan umrah dan proses penundaan keberangkatan jemaah haji tahun 2020 yang disampaikan oleh Kabid PHU Kanwil Kemenag Kaltim H. Ahmad Ridani. Materi Fiqih Wanita disampaikan oleh Kasi PHU Kantor Kemenag PPU Hj. Jumaisyah. Sedangkan terkait dengan kesehatan dan keselamatan jemaah haji disampaikan oleh Dinas Kesehatan Kab. PPU. Materi terakhir tentang thaharah disampaikan oleh H. Rofiqul Ikhwan dari Kantor Kemenag Penajam Paser Utara.

Untuk diketahui kegiatan manasik haji online ini akan digelar selama dua hari, dan dihari pertama kegiatan ini terlihat antusias jemaah calon haji mengikuti. Hal ini tampak dari layar slide dimana para peserta begitu bersemangat mendengarkan penjelasan-penjelasan dari pemateri dan diakhir materi diberikan kesempatan tanya jawab. (bud)