MAN 2 Kukar Gelar Bimtek Madrasah Riset

Kamis, 13 Agustus 2020 | 18:38       Dibaca 146 kali

Suasana Bimtek Madrasah Riset

Kukar (Madrasah) - MA Negeri 2 Kutai Kartanegara menggelar Bimtek Pengembangan Madrasah secara virtual yang diikuti oleh Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Kamis (13/8)

Sebagai pemateri dalam kegiatan ini ialah Bapak Abdul Syahid, S. Ag., M. Pd., yang merupakan Kasi Kurikulum dan Kesiswaan pada Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Kaltim.

Pada kegiatan Bimtek ini disampaikan beberapa materi mengenai pengembangan madrasah yaitu Strategi Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19, Penguatan Kurikulum Darurat Madrasah pada Masa Pandemi Covid-19 serta Program Pengembangan Madrasah Riset di MAN 2 Kukar

Menurut Abdul Syahid, dengan program pengembangan madrasah riset tentunya akan memiliki peluang lahirnya peneliti-peneliti muda yang handal dan berkompeten.

"Adanya riset, melahirkan wujud diri manusia dari ketidaktahuan menjadi mengetahui. Selain itu, keberadaan riset merupakan bentuk penjagaan dan pelestarian akan ciptaan-Nya, agar manusia mampu memperkuat keimanan. Riset menjadi suatu bentuk proses didik kepada siswa-siswi dalam rangka mengembangkan dan memberdayakan pemikiran kritis, inovatif dan objektif," ujar Syahid.

Kepala MAN 2 Kutai Kartanegara, Bapak Irfan Anshori Masdar, M. Pd., mengatakan bahwa pihaknya akan menyiapkan MAN 2 Kukar sebagai madrasah riset dengan baik meski sarana dan prasarana terbatas. "Sarana dan prasarana yang terbatas tidak mengurangi semangat kami untuk memberikan yang terbaik bagi madrasah," ujar Irfan. (rb/rw)