Kakanwil Resmikan Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji Kecamatan Muara Komam

Jumat, 21 Agustus 2020 | 00:25       Dibaca 133 kali

Kegiatan Peresmian Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji Kecamatan Muara Komam oleh Kakanwil Kemenag Prov. Kaltim

Paser (Humas) – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur, H. Sofyan Noor meresmikan Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji Kecamatan Muara Komam yang dilaksanakan di KUA Kecamatan Muara Komam, Rabu (19/8) sekitar pukul 14.30 Wita.

Kegiatan diawali dengan lantunan ayat Suci Al-Qur’an yang dibawakan oleh Qori MTQ Tingkat Nasional asal Kecamatan Muara Komam, Ahmad Sauji dan dilanjutkan dengan pembacaan do'a yang dipimpin langsung oleh Kepala KUA Kecamatan Muara Komam, Hasan Fauzi

Selanjutnya Kepala Kankemenag Paser, H. Abdul Khaliq dalam laporannya menyampaikan Alhamdulillah pada siang menjelang sore ini kita akan menyaksikan gedung yang lumayan megah ini akan diresmikan oleh Bapak Kakanwil. Gedung yang dibangun oleh Kementerian Agama lewat dana Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) ini adalah satu-satunya Gedung KUA yang sudah jadi di Kabupaten Paser dan merupakan kebanggaan kami khususnya bagi masyarakat Kecamatan Muara Komam, imbuhnya.

Kakankemenag juga berharap gedung ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya walaupun masih dalam suasana pandemi Covid-19 sehingga dalam pelaksanaan kegiatan ini hanya dihadiri oleh undangan terbatas saja dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Berdasarkan informasi yang didapatkan, untuk pelaksanaan kegiatan pernikahan di KUA Kecamatan Muara Komam juga masih lumayan sedikit untuk satu bulannya, dimana hanya sekitar 10 peristiwa nikah dan setahunnya kurang lebih sekitar 100 peristiwa nikah. "Alhamdulillah kita tetap punya gedung yang representatif  untuk melaksanakan pernikahan dan manasik haji. Saya titipkan gedung ini kepada Bapak Camat mudah-mudahan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Kecamatan Muara Komam," ujar mantan Kabid PHU Kanwil Kemenag Prov. Kaltim ini.

Insya Allah kalau gedungnya sudah bagus, animo masyarakat untuk menikah di KUA semakin tinggi apalagi kita masih dalam masa pandemi. Kalau dirumah untuk menerapkan protokol kesehatan lumayan susah biasanya dibandingkan di KUA, jelasnya menambahkan.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Prov. Kaltim H. Sofyan Noor menyampaikan bahwa KUA yang paling sedikit peristiwa nikahnya itu KUA Kec. Tabang diperbatasan Kaltim dan Kaltara itu hanya 5 peristiwa nikahnya sebulan,  disana  juga mendapatkan  SBSN seperti disini. Tapi, pada intinya adalah ini bagian dari perhatian pemerintah terhadap daerah-daerah yang terpencil dan perbatasan.

"Di Kabupaten Paser sendiri ada dua lagi KUA yang mendapatkan SBSN yaitu KUA Kecamatan Kuaro dan Paser Balengkong yang sudah memasuki tahap pembangunan tahun ini. SBSN ini sangat kompetitif, dimana KUA di daerah terpencil juga mendapatkan perhatian dan juga berhak mendapatkan gedung yang layak dan megah seperti di Kota. Semoga gedung ini dapat dimanfaakan dengan sebaik-baiknya," harapnya

Peresmian ditandai dengan pemotongan pita dan penandatanganan prasasti oleh Kakanwil Kemenag Kaltim H. Sofyan Noor yang didampingi Kabag TU H. Mohlis, Kabid Bimas Islam Samudi, Kabid Penmad H. Hakimin, Kakankemenag Paser H. Abdul Khaliq dan Camat Muara Komam Abdul Rasyid.

Selanjutnya Kakanwil berserta rombongan meninjau ruangan dan melihat beberapa fasilitas yang tersedia, diantaranya adanya ruang PTSP, ruang konsultasi, musala, ruang nikah, ruang staf, ruang arsip, dan ruang Kepala KUA serta tempat untuk melaksanakan kegiatan manasik haji.

Turut pula hadir Kasubbag Perencanaan Data dan Informasi Rudi Kartono, Kasubbag Keuangan dan BMN Hj. Miftahul Jannah, Kepala Seksi Bimas Islam H. Nanang Sujana beserta staf dan 10 Kepala KUA Kecamatan di lingkungan Kemenag Paser serta undangan lainnya dari Kecamatan Muara Komam. (Lf)