Jelang Purnatugas, Kakanwil Kemenag Kaltim Pesan Jaga Toleransi Umat Beragama

Kamis, 27 Agustus 2020 | 16:12       Dibaca 138 kali

Kakanwil Kemenag Kaltim H. Sofyan Noor dan Istri Hj. Fauziah Sofyan Noor

Samarinda (Humas Kwl) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur, H. Sofyan Noor akan memasuki masa purnatugas pada 31 Agustus tahun ini. Selama 2 tahun 8 bulan 10 hari ia memegang pucuk pimpinan di Kementerian Agama Kaltim, yaitu sejak 22 Desember 2017 sampai dengan 31 Agustus 2020.

Ditemui disela-sela kesibukannya menjelang akhir masa jabatan, Jumat (28/08) H. Sofyan Noor yang berasal dari Kalimantan Selatan menyampaikan kesannya selama bertugas di Kaltim. "Orang Kaltim ramah, menjalin kerjasama yang baik, dan selalu menjaga persatuan," ujarnya. Di beberapa kesempatan Ia katakan bahwa Kaltim sudah seperti rumah sendiri baginya.

Kemenag Kaltim dibawah kepemimpinan H. Sofyan Noor berhasil meraih capaian yang sangat baik. Diantaranya pembangunan sarana dan prasarana madrasah dan KUA yang dibiayai dengan SBSN. Selama kurun 2019-2020, 4 madrasah, 11 KUA, dan UPT Asrama Haji Balikpapan memperoleh dana SBSN. Sebelumnya, sebagai syarat memperoleh SBSN H. Sofyan Noor beserta jajarannya telah berhasil mendapatkan status tanah menjadi milik Kementerian Agama.

Tak hanya pembangunan fisik yang menjadi perhatian, pembangunan kualitas kehidupan beragama juga selalu ditekankan. Bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, FKUB, dan segenap masyarakat, program-program Kemenag selalu bertujuan untuk memperkuat tolerasi intra dan antar umat beragama. Moderasi beragama yang merupakan misi Kemenag disosialisasikan dan diaplikasikan di lingkungan Kemenag dan masyarakat secara luas. Ia berpesan, "Jaga selalu toleransi beragama yang sudah terjalin, tingkatkan dan pertahankan suasana Kaltim yang selalu rukun dan kondusif."

H. Sofyan Noor juga mengucapkan terima kasih kepada Pemprov. Kaltim beserta seluruh jajarannya, OPD, Forkopimda dan Instansi Vertikal yang selama ini selalu bekerjasama dan mendukung program-program Kementerian Agama. "Saya atas nama pribadi dan keluarga mengucapkan terima kasih dan penghormatan yang setinggi-tingginya atas bimbingan dan petunjuk, dukungan, jalinan sinergi, kerjasama, dan kesempatan bagi kami untuk memberikan karya dan pengabdian selama 2 tahun 8 bulan 10 hari," pungkasnya. (Nop)