Jelang Bergulirnya SKB CPNS, Kanwil Adakan Rapat Persiapan

Kamis, 03 September 2020 | 16:32       Dibaca 262 kali


Samarinda (Humas Kwl) – Bertempat di Aula Siskohat, H. Mohlis mengawali tugasnya sebagai Plt. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur dengan membuka Rapat Persiapan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS Tahun Anggaran 2019 pada Kamis (3/9) pagi tadi.

Berdasarkan laporan panitia, kegiatan dihadiri sebanyak 28 orang yang tergabung dalam Tim Panitia SKB CPNS Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur.

Didampingi Sabransyah selaku Sekretaris dan Hj. Mulyati yang merupakan Koordinator IT, H. Mohlis menyampaikan hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan, dilakukan, dan diperhatikan pada saat pelaksanaannya nanti.

Ada empat hal yang menjadi perhatian beliau. Pertama,  agar panitia bisa komitmen mengkondisikan jadwal. “Jadwal sudah dibuat. Mulai saat ini yang tergabung dalam kepanitiaan bisa mengkondisikan jadwal untuk bisa fokus,” ujarnya.

Kedua, persiapkan diri dan bekal. Dijelaskan olehnya, diri dimaksudkan kepada fisik, sedangkan bekal adalah untuk menambah wawasan atau ilmu pengetahuan. H. Mohlis menilai perubahan yang terjadi pada dunia saat ini membuat kita harus menambah wawasan/ilmu pengetahuan. “Jangan sampai terjadi, yang dites lebih pintar daripada yang mengetes,” imbuhnya.

Ketiga, agar tim panitia menghormati waktu. Menurutnya, pada saat pelaksanaan panitia harus tepat waktu dan jangan sampai ditunggu oleh peserta tes. “Itu bisa merusak citra Kementerian Agama,” ia menambahkan.

Yang keempat atau terakhir adalah panitia harus bisa independen, integritas, dan profesionalitas. Soal-soal pertanyaan harus dijaga kerahasiaannya dan siapa pun yang diuji nantinya nilai harus sesuai dengan kemampuan, sebutnya.

Lebih lanjut, H. Mohlis mengharapkan proses rekrutmen CPNS kali ini bisa melahirkan PNS yang handal. Karenanya, ia berpesan kepada tim penguji agar bekerja dengan sungguh-sungguh dalam memilih.

Untuk tanggal pelaksaanan SKB sendiri dijadwalkan pada tanggal 14 sampai dengan 22 September mendatang yang dibagi dalam tiga sesi, yaitu Tes Praktik Kerja, Tes Psikologi, dan Tes Wawancara. (win)