Prestasi Nasional MAN IC Paser di Tengah Pandemik Covid-19

Jumat, 04 September 2020 | 17:52       Dibaca 107 kali

Siswa MAN IC Paser, M. Fatahillah Mubarak Berprestasi Hingga Tingkat Nasional

Paser (Humas MAN IC) - Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Paser kembali mengharumkan nama daerah Kalimantan Timur khususnya Kabupaten Paser pada kancah nasional meskipun di tengah mewabahnya virus corona atau populer disebut Covid-19 melalui siswanya M. Fatahillah Mubarak, dengan meraih medali emas bidang Kebumian pada ajang Merdeka Science Competition (MSC) yang diselenggarakan oleh Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia (POSI).

Selain itu, Mubarak juga meraih medali perunggu tingkat nasional pada bidang Kebumian 3rd OPSILON pada Agustus 2020 lalu. Sebelumnya, siswa MAN IC yang hafizh 5 Juz Alquran ini, juga berhasil meraih medali emas pada Kompetensi Sains Nasional Tingkat Kabupaten (KSN-K) Paser.

Meksi Covid-19 masih mewabah, tidak membuatnya terpuruk dengan keadaan, bahkan justru meningkatkan semangat juang dengan terus belajar dan melatih diri untuk menghadapi berbagai perlombaan, khususunya di bidang Kebumian yang ia memang gemari sejak masuk di MAN IC Paser. Pandemi Covid-19,  yang mengharuskan physical and social distancing justru membawa hikmah tersendiri baginya dengan berhasil memanfaatkan waktunya untuk mengikuti pelbagai macam lomba yang dilaksanakan secara online atau daring.

Selama masa pandemi Covid-19, selain prestasi tersebut, Fatahillah juga berhasil meraih Medali Emas Nasional pada ajang Indonesia Olympiad of Science (IOS) POSI 2020, Gold Medal (Medali Emas) Nasional pada ajang Advanced Science Olympiad POSI 2020, Medali Perunggu Nasional pada Kompetisi Hardiknas POSI 2020, dan Silver Medali Nasional pada ajang Science Olympiad in Nusantara (SONAR) POSI 2020.

Atas prestasi membanggakan ini, Kepala MAN IC Paser, Khoirul Anam, M. Pd. I., sangat bersyukur dan mengucapkan Alhamdulillah serta mendoakan M. Fatahillah Mubarak semoga terus semangat sehingga hasil yang luar biasa ini bisa terus konsisten hingga sampai ajang Internasional.

Mubarak itu orangnya gigih, ulet, semangat belajarnya tinggi, santun kepada siapa pun, dan gemar berkonsultasi dengan pembimbingnya, demikian komentar Ustadzah Nur Khairunnisah, M. Pd., atau lebih dikenal dengan Ustadzah En, melalui Group WA. Sementara itu, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengembangan MAN IC Paser, Ustadz Andri, S. Pd., yang saat ini sedang studi Pasca Sarjana di Institut Teknologi Bandung (ITB), ketika dihubungi via WA juga memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Mubarak. Menurut Guru Kimia ini, inisiatif yang tinggi yang dimiliki Mubarak menjadi faktor utama kesuksesan dia dan yang terpenting keberhasilan dia itu disempurnakan dengan doa-doa dari orang tua dan guru-guru MAN IC Paser.

M. Fatahillah Mubarak boleh dikatakan menjadi bintang bersinarnya MAN IC Paser di tengah pandemi Covid-19 dengan berbagai prestasi nasional yang telah diraihnya. Namun demikian, ia masih belum puas dan bahkan masih memiliki satu impian yang ia sangat ambisi untuk meraihnya, yakni menjadi juara pada even Road to Internasional Earth Science Olympiade 2020 di Rusia. Semoga apa yang dicita-citakan tercapai dan memperoleh keberkahan atas usaha dan ilmunya. Amin. (ism)