Gelaran Pekan Muharram Virtual MTsN 2 Balikpapan

Selasa, 08 September 2020 | 08:34       Dibaca 218 kali


Balikpapan (Madrasah) - Dalam rangka memeriahkan Tahun Baru Islam 1442 H / 2020 M, PHBI MTsN 2 Balikpapan mengadakan lomba Virtual Keagamaan dengan mengusung tema "Menggali Potensi Percaya Diri Siswa di masa Pandemi Covid-19 Menuju Generasi Hebat", Selasa (8/9)

Jenis lomba yang dipertandingkan  yakni Tartil Al-Qur’an putra/putri (QS. Al-Mulk ayat 1 s.d 5) , Adzan (untuk putra), Kaligrafi putra/putri (kalimat pilihan: Hamdalah, Basmalah, Tasbih, Tahmid, Takbir). Bercerita Islami putra/putri (tema bebas berkaitan Covid-19, boleh membaca teks), Vokal Islami putra/putri, (Pilihan lagu: Aisyah, Sebuah Pengakuan, Hadad Alwi (versi bebas), Andai Kutahu (Ungu Band), Antal Amin, Antal Ma’ruf, Allah-Allah Aghisna (versi Indonesia), dan  Desain Poster Islami (tema Tahun Baru Islam 1442 H).

Ketentuan lomba virtual sebagai berikut: (1) Peserta lomba siswa-siswi MTsN 2 Balikpapan. (2) Setiap peserta lomba hanya boleh mengikuti 1 jenis lomba. (3) Peserta lomba mengirimkan video lomba yang diikuti dengan durasi maksimal 5 menit. (4) Untuk video yang mengalami kesulitan pengiriman, peserta dapat melakukan kompres/pengecilan ukuran video secara online. (5) Pembuatan video lomba dilakukan di rumah masing-masing atau di tempat yang sesuai dengan jenis lomba yang diikuti. (6) Jenis lomba yang di video: Tartil Al-Qur’an, Adzan, Bercerita Islami, Vokal Islami. (7) Pelaksanaan lomba dari tanggal 1 s.d 6 September 2020. (8). Hasil rekaman lomba dikirim melalui WA an, Syafrial Arifin No. 082253350813 paling lambat tanggal 9 September 2020 pukul 16.00 WITA. (9) Untuk lomba Desain Poster Islami dan Kaligrafi hasilnya dikirim langsung ke Madrasah (pos satpam) paling lambat tanggal 7 September 2020 pukul 12.00 WITA. (10) Pemenang lomba akan diumumkan tanggal 12 September 2020 melalui Web. MTsN 2 BPN. (11) Seluruh peserta lomba yang ikut berpatisipasi akan diberikan piagam dari MTs Negeri 2 Balikpapan.

Abdul Hamid, S. Ag., selaku kepala MTsN 2 Balikpapan mengatakan bahwa lomba virtual keagamaan ini untuk mendorong kreativitas siswa dan mencari bibit yang berpotensi dalam bidang Imtak, jadi bisa dilakukan pembinaan kepada siswa yang mempunyai potensi dan bakat, sehingga siswa tersebut bisa  diikutsertakan dalam ajang lomba pada tingkat yang lebih tinggi.

Sedangkan menurut ketua panitia, Syamsul Arifin, S. Ag.,  diadakannya  lomba ini untuk menggali potensi, percaya diri dan kreativitas siswa di masa pandemi Covid-19 menuju generasi hebat, terbentuknya karakter yang tepat dalam menghadapi perkembangan zaman yang semakin berat. Generasi yang hebat dan bermartabat akan mampu bersaing di zaman penuh tantangan ini, imbuhnya. (ny)