Pembukaan Bimbingan Pra Nikah Angkatan II

Jumat, 11 September 2020 | 12:37       Dibaca 101 kali


Kukar (Humas) - Kepala Kantor Kementerian Agama Drs. H. Mukhtar, MM., didampingi Kepala Seksi Bimas Islam Drs. H. Ihsanul Karim, MH., kembali membuka acara secara resmi Bimbingan Perkawinan Pra Nikah Calon Angatan II, Selasa (8/9).

Bertempat di Musala Kecamatan Loa Janan Kab. Kutai Kartanegara, kerjasama antara Kepala Urusan Agama Loa Kulu dan Loa Janan terkait kegiatan Bimbingan Pra Nikah Angkatan II terhadap calon pasangan yang akan membina bahtera rumah tangga tersebut terlaksana dan berlangsung dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan dengan jumlah peserta yang terbatas.

Dalam sambutannya, Kepala Kemenag mengatakan bahwa angka perceraian di Indonesia makin tinggi dan merata hampir di seluruh daerah di Indonesia, ini menunjukkan disharmoni keluarga Indonesia makin melebar. Kondisi seperti ini harus segera diatasi, karena jika tidak akan menghambat pembangunan keluarga dan dampak luasnya terhadap generasi bangsa kedepan. Menariknya lanjut Mukhtar, 70% lebih percerian itu atas permintaan istri. Oleh karenanya bimbingan pra nikah ini adalah bentuk ikhtiar Kemenag Kab. Kutai Kartanegara.

Dalam kesempatan yang sama Kasi Bimas Islam menambahkan bahwa fenomena tingkat perceraian yang semakin tinggi seperti gunung es, harus segera dicarikan solusi. Dari beberapa sumber yang kami baca tingginya tingkat perceraian disebabkan banyak faktor bisa dari medsos yang sudah menguasai keluarga kita, masalah ekonomi, pengetahuan agama dll. Lanjut Ihsan, jumlah peserta yang mengikuti bimbingan pra nikah sebanyak 18 pasang calon pengantin yang terdiri dari Kec. Loa Kulu sebanyak pasangan dan 12 pasangan dari Kec. Loa Janan.

Kegiatan bimbingan pra nikah tersebut merupakan kerjasama dari Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Loa Kulu Taufik, S. Ag., dan Kepala Urusan Agama Kec. Loa Janan H. Wasiman, S. Ag. (SU)