Validasi Perangkat Pembelajaran Masa Pandemi di MAN Balikpapan

Jumat, 11 September 2020 | 16:30       Dibaca 29 kali

Tim Validasi MA Kemenag Kota Balikpapan

Balikpapan (Madrasah) - Dalam rangka mengetahui perkembangan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) masa pandemi Covid-19, pengawas madrasah melakukan kegiatan validasi perangkat pembelajaran di MAN Balikpapan yang dilaksanakan pada tanggal 11 September 2020. Rombongan pengawas disambut langsung oleh Kepala Madrasah beserta Waka Kurikulum.

Kegiatan validasi ini sebelumnya sudah disampaikan kepada seluruh guru-guru melalui Waka Kurikulum agar mempersiapkan berkas perangkat pembelajaran seperti dokumen Silabus, RPP darurat Covid-19, Prota, Prosem, dan laporan PJJ serta program kerja Waka dan Pembina Ekskul.

Pada kegiatan validasi Nanik Mutiani, S. Pd., selaku Koordinator Pengawas Tingkat MA mengatakan tujuan validasi ini untuk mengetahui perkembangan serta kendala selama pembelajaran PJJ, karena banyaknya keluhan dari orang tua siswa; seperti kuota internet, peralatan belajar yang tidak memadai, interaksi guru yang kurang, tugas yang banyak dengan waktu terbatas, hingga masalah kesehatan fisik akibat terlalu lama memandang telepon genggam atau komputer.

“Melalui kegiatan validasi diharapkan dapat menemukan solusi terhadap problem pembelajaran PJJ, serta bahan evaluasi untuk kegiatan pembelajaran di masa pandemi,” katanya.

Nanik Mutiani, S. Pd., juga menambahkan 3 harapan pada kegiatan validasi ini : Pertama;  Tertib administrasi, Kedua; Menyiapkan untuk akreditasi dan Ketiga; Rutinitas pertanggungjawaban dari semua tunjangan yang diterima sebagai tanggung jawab madrasah, individu maupun  instansi. Hasil yang diperiksa sebagai evaluasi untuk acuan penilaian pada PKG dan diinput ke Simpatika. "Alhamdulillah MAN Balikpapan dinilai baik kelengkapan berkas PJJ dan berkas laporan lainnya," imbuhnya.

Sedangkan, Waka Kurikulum Niswah Latif, S. Ag., mengatakan sekalipun masa pandemi pembelajaran harus tetap dilaksanakan untuk menjaga mutu pendidikan madrasah.

Pada kegiatan validasi ini pengawas yang hadir diantaranya Nanik Mutiani, S. Pd., Khoirul Anam Siddeh, M. SI., serta Muhammad Ishak, S.Ag. (sf)