Pembinaan Penyuluh Agama Islam Non PNS Kemenag Bontang

Senin, 14 September 2020 | 07:20       Dibaca 93 kali

Arahan Kakankemenag kepada para Penyuluh Agama Islam Non PNS

Bontang (Humas) - Sebanyak 29 Penyuluh Agama Islam Non PNS dilingkungan Kementerian Agama Kota Bontang, Jum'at (11/9) lalu hadir di Musala Al Karamah untuk mengikuti pembinaan yang diselenggarakan oleh Seksi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam. Turut hadir untuk memberikan pembinaan Penyelenggara Zakat dan Wakaf H. Yarkani dan Kepala KUA se-Kota Bontang.

Dalam sambutannya Kakankemenag Bontang H. Muhammad Isnaini menyampaikan beberapa pesan kepada para penyuluh. Pertama adalah untuk selalu mengikuti protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak (social distancing), dan mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer. "Sebagai penyuluh agama mempunyai tanggung jawab untuk mengingatkan kepada masyarakat berkaitan dengan protokol kesehatan saat melakukan penyuluhan," ujarnya.

"Berkaitan dengan berita atau informasi yang ada di media elektronik maupun sosial diharapkan para penyuluh tidak ikut menyebarkannya tanpa disaring dan dicerna terlebih dahulu. Penyuluh sebagai perpanjangan dari Kemenag harus bisa memberikan pemahaman dan meluruskan berita yang tidak benar kepada masyarakat bukannya menjadi provokotor yang memperkeruh suasana," tambahnya.

Lebih lanjut, dirinya menekankan kepada penyuluh agar tidak mudah terpengaruh kepada berita-berita hoaks yang banyak beredar di media sosial serta bisa bersikap lebih bijak dalam menyikapinya. Meskipun sedang berada dalam kondisi pandemi sekarang ini diharapkan para penyuluh bisa tetap melaksanakan tugasnya serta membantu mengingatkan pengurus masjid dan musala agar selalu memperhatikan protokol kesehatan.

Sebelum menutup sambutannya Kakankemenag meminta kepada para penyuluh untuk rutin membuat laporan kegiatannya setiap bulan sebagai bahan pertangungjawaban serta menjaga netralitas dan turut mensukseskan Pilkada Desember mendatang. (scl)