Kemenag Bontang Gelar Sosialisasi UU Nomor 8 Tahun 2019

Selasa, 15 September 2020 | 11:37       Dibaca 69 kali

Sambutan Kakankemenag sebelum membuka kegiatan secara resmi

Bontang (Humas) - Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kemenag Kota Bontang, Selasa (15/9) pagi tadi menggelar Sosialisasi Peraturan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah Tahun 1442 H / 2020 M. Kegiatan digelar di Musala Al Karamah dan dibuka secara resmi oleh Kakankemenag Bontang H. Muhammad Isnaini didampingi Kasi PHU H. Najmuddin Tamini. Hadir sebagai peserta Kepala KUA se-Kota Bontang, perwakilan MUI, PCNU, PD Muhammadiyah, PC Muslimat NU, BKDIB, PD Aisyiah, LDNU, HMTB, KBIH Baiturrahman serta Penyuluh Agama Islam PNS dan Non PNS.

Saat menyampaikan sambutannya Kakankemenag mengucapkan bahwa UU Nomor 8 adalah aturan terbaru yang merupakan penyempurnaan dan kombinasi dari aturan sebelumnya yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah. "Sebagai tokoh agama, tokoh masyarakat dan organisasi keagamaan Islam dipandang perlu untuk mengetahui seperti apa isi dari UU yang mengatur tentang penyelenggaraan haji dan umrah," sebutnya.

"Dengan mengetahui isi dari aturan ini semua peserta bisa dipahami bersama-sama sehingga tidak ada multi tafsir terhadap maksud yang ada didalamnya. Harapan kedepan apa yang sudah didapat dari sini peserta bisa turut membantu menyampaikan dan memberikan pemahaman kepada masyarakat informasi regulasi terbaru dari pemerintah tentang haji dan umrah," tambahnya.

Peserta nantinya juga akan menerima materi khusus tentang tata cara pendaftaran, pelimpahan dan pembatalan ibadah haji yang terbaru untuk juga kemudian bisa disampaikan kepada masyarakat. Di akhir setiap materi para peserta juga diberikan kesempatan untuk bertanya kepada narasumber jika ada hal-hal yang tidak diketahui ataupun belum dipahami. (scl)